Logo Bloomberg Technoz

China akan Naikkan Usia Pensiun untuk Pertama Kali Sejak 1978

News
14 September 2024 07:00

Warga China. (Dok: Bloomberg)
Warga China. (Dok: Bloomberg)

Bloomberg News

Bloomberg, China akan menaikkan usia pensiun untuk pertama kalinya sejak 1978. Langkah ini kemungkinan akan memperlambat penurunan tenaga kerja dan mendukung perekonomian.

Menurut laporan resmi Xinhua News Agency pada Jumat (13/09/2024), para pembuat undang-undang tertinggi negara tersebut mendukung sebuah rencana untuk secara bertahap menunda pensiun. China akan meningkatkan usia pensiun untuk pria dari 60 menjadi 63, dan untuk wanita dari 50 dan 55 menjadi 55 dan 58. Perubahan ini akan berlangsung selama 15 tahun, dimulai pada 1 Januari 2025.

Pengesahan ini mengikuti pengumuman pada bulan Juli oleh Partai Komunis yang berkuasa bahwa usia pensiun akan dinaikkan secara "sukarela dan fleksibel." Memungkinkan lebih banyak orang untuk bekerja lebih lama akan melawan tantangan demografis yang membebani negara dengan perekonomian terbesar kedua di dunia itu, meskipun berisiko menambah ketidakpuasan publik di tengah perlambatan ekonomi.

Pembahasan rencana tersebut oleh badan legislatif tertinggi pada awal pekan ini memicu kemarahan di media sosial, di mana banyak yang mengeluh tentang pasar kerja yang lesu. Beberapa pengguna media sosial juga menunjukkan bagaimana pengusaha sering mendiskriminasi kandidat yang lebih tua, sebuah masalah yang bulan lalu dijanjikan pemerintah untuk diatasi.