Logo Bloomberg Technoz

Setelah Cirata, RI Bakal Punya Tambahan 4 PLTS Terapung 

Dovana Hasiana
13 September 2024 21:20

Suasana Pembangkit Listrik Tenaga Surya (PLTS) Terapung Cirata, Purwakarta, Jumat (13/9/2024). (Bloomberg Technoz/Dovana Hasiana)
Suasana Pembangkit Listrik Tenaga Surya (PLTS) Terapung Cirata, Purwakarta, Jumat (13/9/2024). (Bloomberg Technoz/Dovana Hasiana)

Bloomberg Technoz, Bandung - Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) mengatakan Indonesia setidaknya bakal memiliki empat Pembangkit Listrik Tenaga Surya (PLTS) terapung tambahan usai PLTS Terapung Cirata. 

Direktur Konservasi Energi Kementerian ESDM Hendra Iswahyudi menjelaskan empat PLTS terapung tersebut a.l. PLTS terapung di Tembesi di Batam, PLTS terapung Karangkates di Jawa Timur, PLTS terapung di Saguling, Bandung, PLTS terapung di Singkarak di Sumatra Barat. 

Hendra mengatakan keempat proyek merupakan proyek dari anak usaha PT PLN (Persero), yakni Nusantara Power dan Indonesia Power. 

“Nusantara Power ini yang saya tahu pertama sudah power purchase agreement [PPA] akan lakukan PLTS terapung di Danau Tembesi. Kemudian di Bendungan Karangkates ini 100 megawatt [MW], akan dalam waktu dekat akan PPA kolaborasi dengan GD Power dari Hongkong untuk 100 MW,” ujar Hendra saat ditemui di Bandung, Jumat (13/9/2024). 

“Lalu, Indonesia Power ini akan berkolaborasi dengan ACWA Power, perusahaan dari Arab Saudi untuk mengembangkan PLTS terapung di Saguling dan Danau Singkarak.”