Logo Bloomberg Technoz

KPK Bantah Klaim Megawati: Kami Bayi Reformasi

Muhammad Fikri
13 September 2024 16:20

Ilustrasi Hasto Kristiyanto dan Tessa Mahardhika Sugiarto (Bloomberg Technoz)
Ilustrasi Hasto Kristiyanto dan Tessa Mahardhika Sugiarto (Bloomberg Technoz)

Bloomberg Technoz, Jakarta - Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) menolak pernyataan Ketua Umum Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP) Megawati Soekarnoputri yang mengklaim sebagai orang yang melahirkan atau mendirikan lembaga antirasuah tersebut.

Ketua KPK, Nawawi Pomolango mengatakan, lembaga antirasuah tersebut lahir dari masa reformasi atas semangat ingin memberantas korupsi. KPK, kata dia, hanya kebetulan berdiri pada masa kepemimpinan Megawati yang saat itu menjadi presiden ke-5.

“Jangan dibolak-balik, bayi ini [KPK] adalah bayi reformasi yang lahir di jaman pemerintahan Megawati. Bukan bayi kandung pemerintahan Megawati yang lahir di jaman reformasi,” kata Nawawi kepada wartawan, Jumat (13/9/2024).

“Lahirnya di jaman pemerintahan Megawati, tetapi bayi ini lahir karena tuntutan reformasi, jadi tolong jangan dibolak-balik.”

Relasi antara KPK dan Megawati memang mulai tegang dalam beberapa waktu terakhir. Hal ini berawal dari keputusan KPK memanggil sejumlah kader partai berlambang kepala banteng tersebut, salah satunya Sekretaris Jenderal PDIP Hasto Kristiyanto.