Logo Bloomberg Technoz

Gen Z Mulai Tinggalkan Google untuk Cari Informasi, Ini Gantinya

Referensi
13 September 2024 13:18

Zibo, destinasi hits untuk Gen Z di China (Sumber: Bloomberg)
Zibo, destinasi hits untuk Gen Z di China (Sumber: Bloomberg)

Bloomberg Technoz, Jakarta - Gen Z, generasi yang lahir tahun 1997-2012, dan generasi yang lebih muda tidak lagi mencari informasi di internet melalui Google. Hal ini diungkapkan oleh Mark Shmulik, analis internet di Bernstein Research.

Menurutnya Gen Z dan generasi yang lebih mudah beralih ke platform lain untuk mencari informasi. Mereka lebih sering membuka media sosial seperti TikTok untuk mencari rekomendasi restoran, langsung ke agregator berskala besar seperti Amazon untuk ritel, dan menggunakan teknologi kecerdasan buatan (AI) generatif seperti ChatGPT untuk menyelesaikan pekerjaan rumah mereka.

Bernstein, merujuk survei dari Forbes Advisor dan Talker Research terhadap 2.000 orang Amerika, menemukan sebanyak 45% Gen Z cenderung menggunakan "pencarian sosial" di platform seperti TikTok maupun Instagram, ketimbang Google. Hanya 35 persen generasi milenial yang melakukan pencarian di TikTok maupun Instagram, Gen X 20 persen, dan generasi Boomers 10 persen.

Ilustrasi Gen Z. (Envato/ FlamingoImages)

Bahkan ketika Gen Z semakin dewasa, mereka semakin mengandalkan media sosial sebagai mesin pencarian utama mereka.

"Gen Z juga tumbuh di era internet yang relatif matang. Sudah menjadi kebiasaan bagi para pengguna ini untuk langsung menuju ke sumbernya. Dunia ini [internet] tidak besar dan menakutkan, ini hanya rumah bagi Gen Z," ujar Mark Shmulik seperti dilansir dari Business Insider, Jumat (13/9/2024).