Logo Bloomberg Technoz

Kata Ahli Gizi soal Protein di Susu Ikan Vs Ikan Segar

Redaksi
13 September 2024 15:00

Ikan segar./Bloomberg-Chris Ratcliffe
Ikan segar./Bloomberg-Chris Ratcliffe

Bloomberg Technoz, Jakarta - Susu ikan memiliki kandungan mineral dan protein yang baik untuk anak. Lalu apa bedanya dengan ikan segar?

Ketua Kolegium Ilmu Gizi Klinik Indonesia, ⁠Prof. dr. Agussalim Bukhari mengatakan secara logika tidak ada yang persis sama. 

“Saya katakan bahwa sebagai sumber protein dua-duanya baik. Susu sapi kan mahal, paling banyak kita import. Untuk ikan lebih mudah tinggal kita tangkap saja diperairan kita, dari bahan baku lebih murah,” ujar Agus.

Untuk terkait gizinya, keduanya sama-sama memiliki protein baik. Walaupun, jika sudah melalui proses fasturasi akan banyak hal-hal baik yang hilang dibandingkan ikan segar.

“Sumber protein baik, vitamin dan mineral kurang lebih sama, keunggulannya dari ikan umumnya mengandung omega 3. Dari segi protein dengan pengolahan bisa dibuat konsentrat bisa lebih tinggi dari natural, saya ahli gizi, yang segar lebih bagus dalam hal kandungan vitamin dan mineral utuh. kalau cuman vitamin dan mineral dalam pengolahan berkurang, bisa ditambahkan," tambah Agus.