Logo Bloomberg Technoz

Menperin: Subsidi Motor Listrik Lanjut 2025, Jika Anggaran Nambah

Pramesti Regita Cindy
13 September 2024 13:50

Motor listrik produksiPT Triangle Motorindo - VIAR Motor. (Dok kemenperin.go.id)
Motor listrik produksiPT Triangle Motorindo - VIAR Motor. (Dok kemenperin.go.id)

Bloomberg Technoz, Jakarta Menteri Perindustrian Agus Gumiwang Kartasasmita mempertimbangkan untuk kembali mendorong penambahan kuota subsidi motor listrik (molis) pada 2025, hanya jika kementeriannya mendapatkan tambahan anggaran.

Apalagi, saat ini Kemenperin hanya mendapatkan pagu Rp2,5 triliun untuk Tahun Anggaran 2025.

"Kalau ada penambahan anggaran, kita tambahkan [subsidi molis] karena itu bagus. Kalau ada penambahan anggaran akan kita lanjutkan karena itu bagian dari hilirisasi," kata Agus ketika ditemui di Kompleks Parlemen, Jakarta Pusat, dikutip Jumat (13/9/2024).

Dengan anggaran yang ada saat ini, menurut Agus, Kemenperin harus melakukan penyesuaian untuk program-program yang menjadi prioritas. Di sisi lain, kebutuhan minimal Kemenperin untuk mendukung pertumbuhan industri adalah sebesar Rp3,3 triliun. 

"Sekarang kan Rp2,5 triliun, jadi kan harus ada penyesuaian dari program-program prioritas, tetapi kalau nanti ada tambahan, kita enggak tahu ya insyaallah ada tambahan, itu pasti akan kita coba alokasikan," jelasnya. 

Suasana pameran motor listrik Inabuyer EV Expo 2023 di Smesco, Jakarta, Rabu (29/11/2023). (Bloomberg Technoz/Andrean Kristrianto)