Logo Bloomberg Technoz

"Kita menambahkan satu triliun dolar ke utang kita, yang anak-anak dan cucu-cucu kita akan harus membayarnya entah bagaimana," katanya. Dia menyoroti pembayaran bunga sedang naik dengan cepat, sehingga  "satu-satunya hal yang dapat kita bayar adalah bunga."

"Ini seperti seseorang yang telah menumpuk terlalu banyak utang kartu kredit," kata Elon Musk. "Hal ini tidak akan berakhir dengan baik, jadi kita mengurangi pengeluaran."

Sebelumnya, Kantor Anggaran Kongres (Congressional Budget Office/CBO) telah memperingatkan dalam proyeksi terbaru yang dirilis pada April 2024 bahwa utang pemerintah federal AS akan meningkat dari 97% dari PDB tahun lalu menjadi 116% pada 2034. Bahkan prospek aktualnya kemungkinan lebih buruk.

Grafik perbandingan utang AS dengan PDB. (Sumber: Bloomberg)

Dari pendapatan pajak hingga belanja pertahanan dan suku bunga, perkiraan CBO yang dirilis awal tahun ini didukung oleh asumsi-asumsi jelas. Masukkan pandangan pasar saat ini mengenai suku bunga, dan rasio utang terhadap PDB naik menjadi 123% pada tahun 2034. Kemudian asumsikan - seperti yang dilakukan sebagian besar orang di Washington - bahwa pemotongan pajak yang dilakukan mantan Presiden Donald Trump akan tetap berlaku, dan bebannya menjadi lebih tinggi.

Dengan ketidakpastian tentang begitu banyak variabel, Bloomberg Economics telah menjalankan satu juta simulasi untuk menilai kerapuhan prospek utang. Pada 88% simulasi, hasilnya menunjukkan rasio utang terhadap PDB berada di jalur yang tidak berkelanjutan - yang didefinisikan sebagai peningkatan selama satu dekade ke depan.

Pemerintahan Biden mengatakan bahwa anggarannya, yang menampilkan sejumlah kenaikan pajak bagi perusahaan dan orang kaya di Amerika, akan memastikan kesinambungan fiskal dan biaya pembayaran utang yang terkendali.

"Saya yakin kita perlu mengurangi defisit dan tetap berada di jalur fiskal yang berkelanjutan," kata Menteri Keuangan Janet Yellen kepada para anggota parlemen di bulan Februari seperti diberitakan Bloomberg News. Proposal pemerintahan Biden menawarkan "pengurangan defisit substansial yang akan terus mempertahankan tingkat beban bunga pada tingkat yang nyaman. Namun kita perlu bekerja sama untuk mencapai penghematan tersebut," ujarnya kala itu.

(del)

No more pages