Logo Bloomberg Technoz

Elon Musk Ingatkan AS di Ambang Kebangkrutan, Utang Sentuh Rekor

Redaksi
13 September 2024 14:00

Elon Musk. (Dok: Bloomberg)
Elon Musk. (Dok: Bloomberg)

Bloomberg Technoz, Jakarta - Elon Musk memperingatkan bahwa AS sedang berada pada jalur cepat menuju kebangkrutan, karena utang terus meningkat setelah mencapai rekor US$35 triliun atau setara Rp539.544 triliun beberapa pekan lalu.

Hal tersebut disampaikan Elon Musk saat membahas rencananya dalam membentuk komisi efisiensi pemerintah, di acara All-In Summit 2024 yang digelar All-In Podcast pada Senin (02/09/2024), yang telah dia setujui untuk digunakan jika Donald Trump memenangkan masa jabatan kedua sebagai presiden AS.

"Jika Trump menang - dan tentu saja, saya menduga ada banyak orang yang memiliki perasaan yang campur aduk mengenai apakah hal itu akan terjadi - kita memiliki kesempatan untuk melakukan deregulasi dan pengurangan ukuran pemerintahan yang hanya terjadi sekali seumur hidup," ujar Elon Musk seperti dikutip dari Fox.

"Karena hal lain selain regulasi, Amerika juga akan bangkrut dengan sangat cepat, dan... semua orang tampaknya seperti menghiraukan masalah besar ini."

Elon Musk dan Donald Trump. (dok: Bloomberg)

Elon Musk menyoroti pembayaran bunga utang nasional yang baru saja melampaui anggaran Departemen Pertahanan dan mencapai US$1 triliun tahun ini.