Logo Bloomberg Technoz

Bapanas: Susu Ikan Opsi Protein Lokal, Buat Ketahanan Pangan

Pramesti Regita Cindy
13 September 2024 10:40

Ikan segar./Bloomberg-Lauryn Ishak
Ikan segar./Bloomberg-Lauryn Ishak

Bloomberg Technoz, Jakarta Badan Pangan Nasional (Bapanas) menyatakan mendukung rencana produksi susu ikan yang akan menjadi alternatif pengganti susu sapi pada program Makan Bergizi Gratis (MBG).

Hal ini diungkapkan oleh Kepala Bapanas Arief Prasetyo Adi, yang menyatakan produksi susu ikan sebagai alternatif sumber protein lokal adalah bagian dari diversifikasi pangan untuk mendukung ketahanan pangan nasional.

Arief menekankan diversifikasi pangan penting tidak hanya untuk karbohidrat, tetapi juga untuk protein. Sumber protein tidak harus terbatas pada daging sapi, ayam, atau kambing, tetapi dapat berasal dari berbagai sumber lokal lainnya, termasuk susu ikan.

"Jadi kalau ada alternatif produksi lokal kita mau dukung enggak? [Susu ikan itu] namanya diversity pangan. Jadi tadi sumber karbohidrat nasi, singkong, jagung. [Lalu], sumber protein? Kan bukan hanya daging ayam, daging sapi, atau daging kerbau, daging kambing, kan banyak," ujarnya ditemui di kompleks parlemen, Kamis (12/9/2024).

"Dan sekarang saudara kita udh mempersiapkan yang lokal, [ini malah] ditanya-tanya. Enggak, ini kita harus dukung," lanjutnya.

Kepala Badan Pangan Nasional (Bapanas) Arief Prasetyo Adi. (Bloomberg Technoz/Dovana Hasiana).