Logo Bloomberg Technoz

Lonjakan EV

Lonjakan penjualan kendaraan listrik atau electric vehicle (EV) juga mengurangi permintaan bahan bakar di jalan raya, sementara pembangunan jaringan kereta api nasional berkecepatan tinggi yang luas juga membatasi pertumbuhan perjalanan udara domestik. 

Di luar China, pertumbuhan permintaan minyak juga tidak signifikan. Data terbaru untuk Amerika Serikat (AS) menunjukkan penurunan tajam dalam pengiriman bensin pada Juni. '

Dengan demikian, penggunaan bensin di konsumen minyak terbesar di dunia menurun dari tahun ke tahun dalam lima dari enam bulan pertama tahun ini.

Sepanjang tahun ini, permintaan minyak global diperkirakan meningkat sebesar 900.000 BOPD pada 2024 dan 950.000 BOPD pada tahun depan.

Di lain sisi, pasokan dunia naik sebesar 80.000 BOPD menjadi 103,5 juta BOPD pada Agustus, dengan penghentian produksi yang disebabkan oleh pertikaian politik di Libya yang dikombinasikan dengan pemeliharaan di Norwegia dan Kazakhstan yang diimbangi oleh aliran yang lebih tinggi dari Guyana, Brasil, dan tempat lain.

Harga minyak merosot tajam pada Agustus dan awal September, dengan minyak mentah berjangka ICE Brent anjlok sekitar US$10 per barel karena permintaan China yang melemah dan hambatan ekonomi meningkatkan kekhawatiran akan kelebihan pasokan.

“Aksi jual investor menambah sentimen bearish, dengan kepemilikan bursa spekulatif bersih merosot ke level terendah multi-tahun. Pada saat penulisan, Brent diperdagangkan pada sekitar US$70 barel - level terendah sejak akhir 2021 dan turun US$20 barel dari level tertinggi April 2024.”

(dov/wdh)

No more pages