Logo Bloomberg Technoz

"Saya sama terkejutnya dengan Anda ketika mengetahui penyelidikan ini," kata Adams dalam konferensi pers Kamis. "Saya menganggap ini sangat serius."

Rumah Caban, Wakil Walikota Sheena Wright dan Philip Banks serta beberapa ajudan utama Adams lainnya digeledah pada 4 September sebagai bagian dari penyelidikan federal. Penyelidik menyita telepon Caban, saudara kembar James, serta beberapa petugas polisi lainnya termasuk kepala staf Edward Caban, Raul Pintos.

Menurut sumber, penyelidik mencari informasi tentang dugaan jual beli pengaruh di klub malam New York oleh James Caban, seorang konsultan dan mantan polisi.

Sean Hecker, pengacara yang mewakili James Caban, mengatakan kliennya menyangkal semua kesalahan dan sepenuhnya bekerja sama dengan penyelidikan. Dia menambahkan bahwa pekerjaannya sebagai penghubung antara NYPD dan perusahaan swasta “sepenuhnya sah secara hukum.”

Penyelidikan ini adalah salah satu dari setidaknya tiga yang melibatkan orang terdekat Adams, termasuk satu tentang kampanye pemilihannya tahun 2021. Mereka dapat semakin merusak persepsi terhadap mantan kapten polisi itu, yang angka surveinya terus menurun.

Sebuah survei Desember oleh Universitas Quinnipiac menemukan Adams dengan tingkat persetujuan 28%, yang terendah sejak sekolah tersebut mulai mensurvei pemilih terdaftar di Kota New York hampir 30 tahun lalu. Dia menghadapi sejumlah penantang utama dari Partai Demokrat dalam perebutan masa jabatan kedua untuk memimpin kota terbesar di AS tersebut.

Penantang Utama

Beberapa dari kandidat tersebut memanfaatkan momen setelah pengunduran dirinya.

Mantan Pengawas Kota Scott Stringer menyampaikan kekhawatirannya tentang keamanan di bawah pemerintahan saat ini, mengatakan, “Balai Kota yang tanpa arah dan kacau telah menyebabkan disfungsi dan kekosongan kepemimpinan di NYPD.”

Zellnor Myrie, seorang senator negara bagian dari Brooklyn yang juga menantang walikota petahan, menyebut pengunduran diri itu “mengkhawatirkan.”

“Pada saat kepemimpinan yang kuat dan konsisten sangat penting, terutama di dalam departemen kepolisian kita, kepergiannya hanya menambah pola ketidakstabilan yang mengkhawatirkan di dalam pemerintahan Adams,” kata Myrie.

James Caban meninggalkan NYPD pada 2001 setelah serangkaian keluhan tentang penggunaan kekerasan berlebihan. Pada 2013 dia dijatuhi hukuman 30 hari penjara setelah gagal melakukan perbaikan yang diperlukan di sebuah gedung tempat dia menjadi pemiliknya. Kedua bersaudara ini tetap dekat dan memiliki rumah di seberang jalan satu sama lain, menurut laporan Agustus 2023 oleh City & State.

Edward Caban (57 tahun) menjadi komisaris pada Juli 2023 setelah Keechant Sewell, pemimpin wanita pertama NYPD, mengundurkan diri setelah hanya 18 bulan. Caban, orang Latino pertama yang dipilih untuk peran tersebut, memiliki hubungan kerja yang erat dengan Adams. The New York Times melaporkan tahun lalu bahwa Caban melewati pangkat kepala saat Adams mengangkatnya menjadi wakil komisaris pada 2022, melewati langkah-langkah hierarkis normal yang diambil petugas polisi saat naik ke jajaran tertinggi departemen tersebut.

Donlon memaparkan tujuannya dalam sebuah pernyataan setelah penunjukannya, berjanji untuk “melanjutkan kemajuan bersejarah dalam menurunkan tingkat kejahatan dan menghilangkan senjata ilegal dari komunitas kita, menegakkan standar integritas dan transparansi tertinggi, serta mendukung petugas berdedikasi kita yang mempertaruhkan nyawa setiap hari untuk menjaga kita tetap aman.”

Pengalaman Donlon termasuk ditugaskan di Gugus Tugas Terorisme Gabungan di kantor FBI Kota New York di mana dia menjadi agen pendamping dalam pemboman World Trade Center 1993, dan dia berpartisipasi dalam penyelidikan kontra-terorisme lainnya, termasuk serangan 11 September. Dia juga bekerja dalam peran keamanan di Credit Suisse Group AG dan BlackRock Inc.

(bbn)

No more pages