Logo Bloomberg Technoz

Harga Minyak Naik Dipicu Gangguan Produksi karena Badai Francine

News
13 September 2024 07:30

Kapal Pengangkut Minyak. (Bloomberg)
Kapal Pengangkut Minyak. (Bloomberg)

Yongchang Chin - Bloomberg News

Bloomberg, Harga minyak menuju kenaikan mingguan pertama dalam sebulan karena badai Francine mengganggu produksi minyak mentah. Sentimen risk-on melanda pasar yang lebih luas menjelang pengurangan suku bunga bank sentral AS atau Federal Reserve (The Fed) yang diharapkan.

Harga minyak West Texas Intermediate (WTI) naik di atas US$69 per barel, memperpanjang rebound dari penutupan terendah sejak 2021. Sementara Brent ditutup di dekat US$72.

Badai - yang melemah dari kekuatan badai sebelumnya - telah memaksa penutupan produksi yang cukup besar di Teluk Meksiko AS. Di pasar yang lebih luas, ekuitas menguat saat dolar melemah, yang merupakan dorongan untuk komoditas termasuk minyak mentah.

Minyak mentah tetap sekitar 15% lebih rendah pada kuartal ini karena kekhawatiran tentang prospek permintaan yang meredup di China. Menurut laporan bulanannya pekan ini, International Energy Agency (IEA) mengatakan bahwa pertumbuhan permintaan global pada paruh pertama adalah yang terendah sejak pandemi, karena ekonomi China mendingin.