Logo Bloomberg Technoz

ECB Buka Opsi Pangkas Suku Bunga Lagi pada Oktober

News
13 September 2024 06:40

Gubernur Bank Sentral Eropa (ECB) Christine Lagarde. (Dok: Bloomberg)
Gubernur Bank Sentral Eropa (ECB) Christine Lagarde. (Dok: Bloomberg)

Jana Randow, Mark Schroers dan Alessandra Migliaccio - Bloomberg News

Bloomberg, Anggota Dewan Gubernur Bank Sentral Eropa atau European Central Bank (ECB) belum mengesampingkan kemungkinan pemotongan suku bunga pada keputusan mereka berikutnya pada 17 Oktober, bahkan jika langkah tersebut tidak mungkin.

Menurut sumber yang tak ingin disebutkan namanya, mengingat risiko penurunan terhadap pertumbuhan ekonomi di zona euro, pejabat lebih memilih untuk tetap membuka opsi untuk menurunkan biaya pinjaman pada pertemuan tersebut.

Dengan hanya lima minggu tersisa hingga pertemuan kebijakan selanjutnya, para pejabat ECB hanya akan memiliki satu data inflasi baru pada saat itu, dan Presiden Christine Lagarde mengamati pada Kamis (12/09/2024) bahwa penurunan yang diantisipasi untuk September kemudian akan berbalik. Untuk menilai penurunan ekonomi apa pun, pembuat kebijakan perlu mengandalkan indeks manajer pembelian, bukan data keras yang banyak.

Menyusul konferensi pers kepala ECB, investor mengurangi spekulasi mereka pada langkah bulan depan. Mereka sekarang melihat kemungkinan 20% untuk langkah tersebut, dibandingkan dengan 40% awal minggu ini.