Logo Bloomberg Technoz

ECB Kembali Pangkas Suku Bunga, Inflasi Mendekati Target 2%

News
12 September 2024 21:00

Gubernur Bank Sentral Eropa (ECB) Christine Lagarde. (Dok: Bloomberg)
Gubernur Bank Sentral Eropa (ECB) Christine Lagarde. (Dok: Bloomberg)

Alexander Weber, Mark Schroers dan Jana Randow - Bloomberg News

Bloomberg, Bank Sentral Eropa atau European Central Bank (ECB) menurunkan suku bunga untuk kedua kalinya tahun ini, dengan inflasi mereda menuju 2% dan kekhawatiran tentang ekonomi meningkat.

Suku bunga deposit utama dipotong sebesar 25 basis poin menjadi 3,5% pada Kamis (12/09/2024)—sebagaimana diprediksi oleh semua analis yang disurvei oleh Bloomberg. ECB menegaskan bahwa mereka tidak dapat berkomitmen pada jalur spesifik untuk biaya pinjaman.

"Berdasarkan penilaian Dewan Gubernur yang diperbarui tentang prospek inflasi, dinamika inflasi yang mendasari, dan kekuatan transmisi kebijakan moneter, tepat untuk mengambil langkah lain dalam mengurangi tingkat pembatasan kebijakan moneter saat ini," katanya dalam sebuah pernyataan.

Para trader mengurangi taruhan pada pelonggaran lebih lanjut, sekarang memprediksi 36 basis poin lebih banyak hingga akhir tahun. Artinya pemotongan seperempat poin tambahan sudah sepenuhnya diperhitungkan dan ada kemungkinan kurang dari 50% untuk langkah lain seperti itu.

Central Bank Watch. (Sumber: Bloomberg)