Logo Bloomberg Technoz

“Terutama layanan-layanan yang terkait dengan perbankan dan layanan keuangan digital” sambungnya.

Meskipun telah berkembang di masyarakat bahwa insiden yang terjadi kepada Indodax merupakan serang siber, dari pihak Indodax sendiri belum mengakui bahwa insiden yang menyasar salah satu startup jual-beli aset kripto tersebut merupakan insiden serangan siber.

Dalam kesempatan bersamaan, Heru menyampaikan bahwa seharusnya Indodax segera menyampaikan kepada nasabah maupun masyarakat, apakah insiden yang terjadi pada saat ini merupakan insiden serangan siber atau sekedar ada kesalahan sistem yang terjadi.

“Sebenarnya ada kewajibannya juga ya bagi Penyelenggara Sistem Elektronik (PSE) termasuk Indodax untuk menyampaikan kepada masyarakat, apakah benar terjadi peretasan atau mungkin pembajakan [kepada] layanan mereka,” ucap Heru.

“Karena ini kan juga angkanya tidak sedikit.”

Diberitakan sebelumnya, Indodax telah menyampaikan klarifikasi terbaru terkait dengan insiden dugaan adanya serangan siber yang menyerang salah satu platform penyedia layanan jual-beli aset kripto tersebut.

CEO Indodax Oscar Darmawan mengatakan bahwa investigasi internal mengenai keamanan siber atas sistemnya masih berlangsung hingga kini. Berdasarkan pantauan langsung pada website Indodax, hingga Kamis sore ini, website Indodax.com masih belum dapat diakses publik.

“Indodax saat ini ingin memastikan kalau sistem dapat kembali online, dapat berjalan tanpa ada resiko keamanan,” kata Oscar.

Lanjutnya, kata Oscar, dalam kerja forensik internal keamanan sibernya, memperlihatkan bahwa pihak eksternal cyber security investigator, proses penyelidikan berbasis sains ini juga dilakukan atas seluruh database software serta server Indodax. Dia juga menegaskan kepada para nasabahnya yang terdaftar di Indodax bahwa dana rupiah serta aset kripto tetap aman.

“Dalam waktu dekat perusahaan akan mengeluarkan proof of reserve. Tujuannya agar nasabah Indodax bisa melihat aset kripto 100%,” kata Oscar dalam unggahan sosial medianya.

“Dengan adanya pengumuman Indodax Proof of Reserve ini, kami berharap member Indodax semakin nyaman dan merasa aman untuk selalu berinvestasi di platform Indodax,” tutupnya.

(fik/lav)

No more pages