Logo Bloomberg Technoz

Pakar IT: Indikasi Peretasan Indodax Cermin Sistem Siber RI Lemah

Muhammad Fikri
12 September 2024 19:00

Ilustrasi pemeliharaan sistem Indodax. (Dok: Perusahaan)
Ilustrasi pemeliharaan sistem Indodax. (Dok: Perusahaan)

Bloomberg Technoz, Jakarta - Direktur Eksekutif ICT Institute Heru Sutadi mengatakan kasus dugaan peretasan sistem yang dialami oleh salah satu startup penyedia layanan transaksi jual-beli kripto Indodax merupakan cerminan dari sistem pertahanan siber di Indonesia masih lemah.

Hal tersebut disampaikan Heru dikarenakan memang insiden peretasan terhadap sejumlah layanan yang terkait dengan aset kripto ataupun uang kripto sudah diprediksi jauh-jauh hari.

“Apa yang terjadi dengan Indodax ini memang merupakan peristiwa yang sebenarnya jauh-jauh hari sudah diprediksi akan menyerang layanan-layanan yang terkait dengan aset kripto atau uang kripto, sehingga ketika ini terjadi pada Indodax mungkin ini memang momentumnya,” kata Heru saat dihubungi Bloomberg Technoz, Kamis (12/9/2024).

Insiden tersebut, kata Heru, merupakan gambaran umum bahwa sistem keamanan layanan digital yang ada di Indonesia memang masih rawan terkena serangan siber. Ditambah, serangan yang kali ini menyasar ke salah satu platform jual-beli aset kripto terbesar di Indonesia.

“Selain keamanan sibernya lemah, kan juga serangan terhadap layanan-layanan digital di Indonesia ini kan juga cukup besar gitu ya” pungkasnya.