Logo Bloomberg Technoz

BI Diminta Segera Pangkas BI-Rate Demi Momentum Ekonomi

Azura Yumna Ramadani Purnama
12 September 2024 17:02

Warga Jakarta Berjalan di Sekitar Kawasan Gedung Bank Indonesia. (Rosa Panggabean/Bloomberg)
Warga Jakarta Berjalan di Sekitar Kawasan Gedung Bank Indonesia. (Rosa Panggabean/Bloomberg)

Bloomberg Technoz, Jakarta - Ekonom menilai Bank Indonesia (BI) seharusnya sudah dapat memangkas suku bunga acuan atau BI Rate dalam waktu dekat. Hal tersebut menjadi penting karena dapat membantah tanda-tanda perlambatan ekonomi yang terjadi.

Ekonom Institute For Development of Economics and Finance (INDEF) Eko Listiyanto menjelaskan kebijakan moneter dapat mengerek pertumbuhan ekonomi Indonesia utamanya dalam meningkatkan likuiditas di sektor riil.

Pasalnya, dengan suku bunga yang tinggi hanya menciptakan stabilitas ekonomi. Namun pertumbuhannya menjadi tidak berkualitas. 

“Ketidakpastian di dalam ekonomi global yang diantisipasi dengan suku bunga tinggi memang ada cuan di sektor keuangan. Padahal kami melihat cuan terbaik itu yang mengalir ke sektor riil, diputar kembali ke perekonomian, bukan hanya disimpan di sektor keuangan,” ucap Eko dalam diskusi publik INDEF, Kamis (12/9/2024).

Suku bunga tinggi, lanjut Eko, memang menimbulkan keuntungan namun hanya bermuara di sektor keuangan saja, sementara sektor riil yang merupakan sektor penggerak ekonomi tidak mendapatkan keuntungan yang setara.