Logo Bloomberg Technoz

Yang menjadi persoalan, pengguna Indodax merasa khawatir imbas ketidakpastian akses ke halaman akun investasi aset kriptonya. Website dan aplikasi platform perdagangan sudah tidak bisa diakses, dan -akun media sosial Instagram maupun X mengunggah informasi kabar itu adalah satu hari yang lalu, kemarin. 

“Proses ini kami lakukan demi menjaga keamanan dan kenyamanan transaksi Anda. Kami akan segera memberikan pembaruan informasi lanjutan setelah investigasi selesai dilakukan,” tulisnya.

Namun demikian Indodax memastikan saldo pengguna tetap 100% aman baik secara kripto maupun rupiah.

Mengutip Badan Pengawas Perdagangan Berjangka Komoditi (Bappebti), Indodax merupakah salah satu salah satu Calon Pedagang Fisik Aset Kripto (CPFAK) yang terdaftar resmi atas nama PT Indodax Nasional Indonesia.

Harga Kripto Unggulan Bitcoin Melesat Tahun Ini

Sejak diciptakan pada 2009, Bitcoin telah menjadi salah satu investasi terpopuler di dunia termasuk di Indonesia dengan pamornya di pasar keuangan. Mencermati peningkatan harga dan nilai yang amat pesat hingga menyentuh Rp1 miliar per koinnya dari yang dianggap ‘Bukan apa-apa’.

Prospek harga Bitcoin sebagai aset kripto paling bernilai di dunia diperkirakan masih terus melesat seiring Halving Bitcoin 2024 telah terjadi, pasokannya berkurang usai Halving diikuti dengan tingginya permintaan dari ETF Bitcoin Spot.

Ditambah lagi dengan sentimen Federal Reserve, Bank Sentral Amerika Serikat yang diprediksi bakal memangkas suku bunga acuan seiring inflasi di negeri Paman Sam sudah berhasil melambat. Ini menjadi salah satu daya dorong bagi harga Bitcoin, yang berdasarkan teori bisa menjadi katalis positif bagi pasar aset kripto.

Pahami Risiko Investasi Aset Kripto

Investasi ataupun trading jual-beli aset kripto berarti investor sudah sepakat dengan instrumen volatilitas tinggi. Bitcoin juga kripto dinobatkan banyak pakar, pengamat dan juga analis sebagai investasi paling berisiko, sebab nilainya tidak diatur oleh otoritas melainkan diatur menggunakan teknologi Blockchain.

Risikonya tergolong ke dalam kelas tinggi tercermin dari harga yang sangat fluktuatif dibandingkan dengan instrumen investasi lainnya. Kripto bisa anjlok tanpa batas hingga tidak tersisa, dengan kata lain bisa mencapai Rp0 dalam waktu singkat.

Perdagangan aset kripto di Indonesia dan pasar global sama sekali tidak ada mekanisme yang mengatur dengan ketat seperti halnya Auto Rejection, ataupun aturan penghentian perdagangan di token atau koin tertentu, atau locked kripto.

Mencermati risiko yang amat tinggi, investor aset kripto sejatinya harus memiliki kesiapan mental dan finansial yang kuat. Seperti halnya berinvestasi dan trading kripto dengan uang dingin, tidak terjerat utang, dan harus punya dana darurat.

Keuntungan Investasi Aset Kripto

Di balik risiko yang menghampiri, terdapat istilah High Risk High Return dengan keuntungan yang tidak terhingga dengan pola transaksi yang cepat efek didukung teknologi Blockchain.

Keuntungan investor aset kripto sejatinya dapat memanfaatkan informasi dan sentimen di pasar yang tak terbatas bersamaan dengan token atau kripto yang tersedia di seluruh negara di dunia yang melangsungkan perdagangan Bitcoin dengan real time 24 jam sampai dengan 7 hari perdagangan dalam seminggu.

Dengan demikian, perhatikan hal-hal berikut bila ingin dan untuk yang sudah berinvestasi di instrumen aset kripto,

  1. Pilih Platform Pertukaran Koin Kripto yang Berizin (Legal)
  2. Pahami Berbagai Fundamental dan Proyek Potensial Token Kripto
  3. Cermati Track Record dan Reputasi 
  4. Pertimbangkan Likuiditas Aset Kripto
  5. Cermati Tujuan Keuangan
  6. Diversifikasi Aset Investasi
  7. Hadirnya Dukungan Pengguna yang Cepat Tanggap
Kronologi Transaksi Kripto Mencurigakan di Indodax, Dana Aman? (Bloomberg Technoz/Arie Pratama)

(fad/wep)

No more pages