Logo Bloomberg Technoz

Bahan herbal ini dapat mengatasi kadar trigliserida dan kolesterol jahat (LDL) serta memproduksi lebih banyak kolesterol baik (HDL).

  1. Bawang Putih

Bawang putih merupakan salah satu obat tradisional untuk mengatasi kolesterol. Tanaman ini memiliki berbagai manfaat yang baik bagi kesehatan karena tinggi kandungan antioksidan. Selain bermanfaat untuk menurunkan jumlah kolesterol tubuh, bawang putih juga bisa menjaga kesehatan jantung.

  1. Beras Merah

Beras ragi merah mengandung tinggi zat monacolin K. Kandugan inilah yang bermanfaat untuk mengurangi kolesterol jahat dan trigliserida di dalam darah, sehingga baik untuk penderita kolesterol tinggi. Monacolin K mirip dengan bahan aktif yang sering ditemukan dalam obat penurun kolesterol, yaitu lovastatin.

  1. Apel

Apel mampu menurunkan kadar kolesterol jahat di dalam tubuh. Buah ini mengandung nutrisi penting, seperti zat beta-glucan untuk menjaga kesehatan jantung dan mempertahankan sistem kekebalan tubuh.

Bukan sekadar obat alami kolesterol saja, apel juga mampu mencegah terjadinya penyempitan pembuluhan darah dan mengurangi risiko terkena penyakit kanker.

  1. Jeruk Nipis

Perlu diketahui bahwa jeruk nipis dapat digunakan sebagai obat kolesterol alami. Buah ini mampu mengurangi kadar kolesterol jahat di dalam tubuh sehingga mencegah risiko terkena penyakit jantung. 

Jeruk nipis memiliki kandungan senyawa flavonoid yang dapat menangkal radikal bebas penyebab penyakit kronis.

  1. Alpukat

Salah satu buah yang bagus untuk menurunkan kolesterol jahat di dalam tubuh adalah alpukat. Buah ini mengandung lemak sehat yang tinggi sebanyak 16%.

Kandungan gizi alpukat berperan penting sebagai antioksidan alami untuk mencegah terjadinya kerusakan pada pembuluh darah arteri akibat penumpukan kolesterol jahat (LDL). 

  1. Biji Rami

Tanaman herbal yang dapat mengobati kolesterol, yaitu biji rami. Tanaman ini memiliki kandungan asam alfa-linolenat (ALA) yang cukup tinggi sehingga mengurangi risiko terjadinya penyakit jantung.

  1. Ikan Berlemak

Ikan berlemak seperti salmon, tuna, hingga sarden adalah sumber asam lemak omega-3. Menurut penelitian, asam lemak omega-3 pada ikan sangat baik untuk penderita kolesterol tinggi karena dapat membantu mengurangi risiko terkena penyakit jantung.

  1. Daun Rosemary dan Kemangi

Beberapa herbal lainnya yang dinilai penelitian bisa membantu mengatasi kolesterol adalah biji dan daun fenugreek, rosemary, hingga kemangi. Tanaman ini dan rempah ini tinggi kandungan antioksidan yang bisa menjaga kesehatan pembuluh darah dan jantung.

(spt)

No more pages