Logo Bloomberg Technoz

Ilmuwan Sebut Mayoritas Aktivitas Manusia Buat Bumi Makin Bahaya

News
12 September 2024 15:45

Planet Bumi tampak dari luar angkasa. (Dok: Bloomberg)
Planet Bumi tampak dari luar angkasa. (Dok: Bloomberg)

Eric Roston–Bloomberg News

Bloomberg, Aktivitas manusia mengancam delapan sistem pendukung kehidupan di planet bumi dan tujuh di antaranya telah masuk ke dalam zona bahaya, menurut sebuah tinjauan besar-besaran terhadap ilmu pengetahuan tentang Bumi yang dilakukan oleh lebih dari 60 peneliti dan diterbitkan pada hari Rabu di The Lancet Planetary Health. 

Melihat kebutuhan Bumi yang layak huni—termasuk iklim, sistem penyediaan air tanah, keanekaragaman hayati, dan nutrisi di darat– para peneliti menemukan bahwa hampir semuanya telah melewati ambang batas yang krusial. Satu-satunya sistem global yang belum melewati batas aman adalah aerosol, bahkan ketika polusi udara partikel kecil berkontribusi terhadap 8 juta kematian per tahun.  

Makalah baru ini memperbarui proyek ilmiah yang dimulai pada tahun 2009 untuk menilai “batas-batas planet” (sejak saat itu berganti nama menjadi “batas-batas sistem Bumi”) dan bagaimana pelanggarannya akan menimbulkan risiko bagi masyarakat dan alam di seluruh dunia.

Para peneliti menilai masing-masing sistem ini berdasarkan dua faktor. Salah satunya adalah keamanan, atau berapa lama sampai sistem tersebut tidak dapat lagi berfungsi, seperti yang selama ini diandalkan oleh masyarakat.