Logo Bloomberg Technoz

Thailand Siaga Bencana Banjir & Tanah Longsor usai Topan Yagi

News
12 September 2024 16:10

Ilustrasi badai. (Dok: Bloomberg)
Ilustrasi badai. (Dok: Bloomberg)

Anuchit Nguyen - Bloomberg News

Bloomberg, Thailand memperingatkan badai baru dapat menyebabkan lebih banyak banjir dan tanah longsor, sementara jumlah korban tewas akibat Topan Yagi dan hujan monsun terus meningkat.

Kantor Sumber Daya Air Nasional dalam pernyataan pada Kamis (12/09/2024), mengatakan lebih dari 40 provinsi telah ditempatkan dalam status siaga untuk kemungkinan banjir bandang karena badai tropis baru diperkirakan akan menguat hingga 18 September. Sejak 10 September, setidaknya sembilan orang telah meninggal dunia akibat banjir di provinsi utara Chiang Rai dan Chiang Mai.

Topan Yagi, badai terkuat yang melanda Asia tahun ini, juga telah menyebabkan kerusakan besar di negara tetangga Vietnam, di mana setidaknya 157 orang tewas dan 139 lainnya dinyatakan hilang. Di Thailand, sekitar 34.000 rumah tangga, sebagian besar di provinsi utara, telah terdampak, mendorong Perdana Menteri Paetongtarn Shinawatra untuk memerintahkan bantuan segera.

Departemen Meteorologi Thailand mengatakan hujan lebat lebih lanjut di seluruh negeri diperkirakan akan terjadi dari 13 September hingga awal minggu depan.