Logo Bloomberg Technoz

Yang Harus Diperhatikan Pemerintah Sebelum Pakai Susu Ikan

Redaksi
12 September 2024 16:00

Ilustrasi Susu (Envato/microgen)
Ilustrasi Susu (Envato/microgen)

Bloomberg Technoz, Jakarta - Susu Ikan akan digunakan pemerintah Prabowo-Gibran untuk menggantikan susu sapi di program makan siang gratis. 

Menurut pakar kesehatan yang juga dokter dan orang yang pernah membantu program pembangunan kesehatan di Kemenkes dan Bapenas, Dicky Budiman ada beberapa hal yang harus diperhatikan sebelum menggunakan susu ikan mengganti susu sapi.

“Di sisi lain kalau bicara soal susu ikan, ada plus minusnya. Susu ikan memang kaya protein hewani, asam lemak omega 3 yang bagus untuk tubuh dan sumber alternatif yang baik. Tapi ini tidak umum, dan mungkin akan tidak disukai anak-anak karena rasanya yang amis, ini harus jadi pertimbangan,” ujar Dicky.

Namun perlu diinga lagi, lanjut Dicky bahwa susu ikan relatif lebih mahal dan jenis susu lain. “Jadi sekali lagi sisi positif negatif dilihat. Kalau mau mending kasih ikannya saja, karena sumber proteinnya dan mudah praktis dan murah,” tambahnya.

Dicky menambahkan, susu ikan ini perlu proses yang panjang namun juga memiliki risiko. Walau begitu tidak salahnya dicoba untuk memperkuat ekonomi lokal.