Logo Bloomberg Technoz

Syarat suatu negara ingin menggelar balapan MotoGP:

  • Memiliki sirkuit yang standart nya sesuai dengan aturan MotoGP
  • Tuan rumah harus membayar biaya lisensi, hak cipta dan biaya penyelenggaraan ke Dorna Sport

Biaya Commitmen Fee

Indonesia misalnya, yang menggelar MotoGP di Sirkuit Mandalika, Lombok, NTB, harus membayar commitment fee sekitar 9 juta (Rp153 miliar) per musim ke Dorna Sports untuk menggelar MotoGP Indonesia. Biaya ini belum termasuk PPh dan PPN.

Selain itu, masih ada biaya operator sekitar Rp100 miliar yang selalu menjadi tanggung jawab dan dibayarkan oleh ITDC.

Tanggapan Pemerintah

Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Sandiaga Uno mengutarakan, perhelatan MotoGP sudah mencapai 80%. Dan segala persoalan, Sandi mengaku sudah ditangani dengan baik.

“Kadang terbelah dengan polemik yang terus bergulir, namun, kami tetap berkolaborasi baik pemerintah daerah dan pemerintah pusat untuk tetap kompak. Perhelatan akan tetap berjalan,” ujar Sandi.

Di sisi lain, Chairman of Indonesia GP 2024, sekaligus Direktur Komersial PT. Pengembangan Pariwisata Indonesia (ITDC), Troy Reza Warokka, menjelaskan agenda Pertamina Grand Prix of Indonesia (MotoGP) 2024 akan di mulai pada 27-28 September 2024. Namun pada 25 September 2024 akan dilaksanakan Riders Parade di Kota Mataram yang diikuti oleh seluruh pembalap peserta MotoGP termasuk pembalap top ten.

“InsyaAllah sampai hari ini persiapan kami sudah cukup baik. Kami bisa sampaikan sekitar 80 persen sudah kami siap dan nanti akan kami tuntaskan pada acara pelaksanaan di tanggal yang sudah ditentukan,” ujar Troy seperti yang dilansir dari situs Kemenparekraf.

Kepala Dinas Pariwisata Provinsi Nusa Tenggara Barat, Jamaluddin, menambahkan terkait ketersediaan penginapan, saat ini di zona satu Mandalika sudah dipesan oleh para pembalap MotoGP, Moto two ,MotoTri beserta dengan timnya ,kru,sponsor,mekanik,media,keluarga pembalap termasuk juga panitia MotoGP.  Dan lenght of stay mereka juga cukup panjang sekitar 6 sampai 8 hari.

“Okupansi hotel bintang ,resort pada saat event MotoGP yang memesan sudah mencapai 90 persen di sekitar Mandalika. Sementara di sekitar Mataram  baru 50 sampai 60 persen. Dan Kabupaten Lombok Utara sekitar Gili memang market-nya wisatawan mancanegara yang datang dari Bali. Pada intinya kami dispar NTB dan Pemprov NTB siap menyambut tamu-tamu yang akan menonton MotoGP,”

(spt)

No more pages