Logo Bloomberg Technoz

Mengintip Kelanjutan MotoGP Mandalika Indonesia

Redaksi
12 September 2024 15:40

Ilustrasi MotoGP.
Ilustrasi MotoGP.

Bloomberg Technoz, Jakarta - Polemik MotoGP Mandalika harus menjadi perhatian pemerintah. Di tahun ketiga ini, terlihat banyak persoalan yang muncul dan tidak ada langkah mutakhir yang dikeluarkan untuk menyelesaikannya.

Dari persoalan pembayaran fee (biaya yang harus dibayarkan) yang masih mandek. Dikarenakan Pemerintah Daerah NTB tidak memiliki uang dan pemerintah pusat belum memberikan bantuan.

Belakangan isu yang beredar Indonesia Tourism Development Corporation (ITDC) yang merupakan Badan Usaha Milik Negara bersama Mandalika Grand Prik Association (MGPA) masih menunggu kebijakan pemerintah untuk membayar fee MotoGP Mandalika sebesar Rp231 miliar ke Dorna Sports sebagai organisasi yang menyelenggarakan MotoGP.

Seperti diketahui, untuk menggelar perhelatan kejuaraan balap motor dunia ini, setiap negara harus membayar fee setiap tahunnya dan harus mengikuti berbagai aturan yang sudah ditetapkan.

Aturan untuk menyelenggarakan MotoGP

Balapan MotoGP diselenggarakan oleh organisasi yang bernama Dorna Sports, S.L. atau yang biasa disebut Dorna. Sebagai pihak penyelenggara atau promotor MotoGP, Dorna bertanggung jawab terhadap kualitas penyelenggaraan MotoGP, pemilihan sirkuit untuk ajang balapan termasuk urusan sponsor, dan hak siar balapan MotoGP.