Logo Bloomberg Technoz

Bahlil Soal Riuh Isu Pembatasan BBM Subsidi: Jangan Berspekulasi

Pramesti Regita Cindy
12 September 2024 15:10

Dok: Pertamina
Dok: Pertamina

Bloomberg Technoz, Jakarta Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) Bahlil Lahadalia meminta masyarakat untuk tidak berspekulasi di tengah santernya kabar rencana pengaturan distribusi bahan bakar minyak (BBM) bersubsidi, termasuk Pertalite dan Solar, dalam waktu dekat.

Dalam kaitan itu, Bahlil kembali menegaskan aturan mengenai mekanisme distribusi BBM bersubsidi masih terus dibahas pemerintah. Dia pun menargetkan aturan tersebut juga belum akan rampung dalam waktu dekat.

“Untuk mengangkut BBM bersubsidi, kita sekarang lagi dalam pembahasan aturannya. Jadi belum ada aturan itu, dan belum ada diterapkan ya. Masih dalam pembahasan. Saya pikir satu, dua pekan ini belum ada [penerbitan aturannya],” ujarnya ditemui usai rapat bersama Komisi VII DPR RI, Kamis (12/9/2024).

“Jadi, jangan berspekulasi dahulu karena aturannya masih dibahas,” tegas Bahlil. 

Menteri ESDM Bahlil Lahadalia usai serah terima jabatan di Kementerian ESDM, Senin (19/8/2024). (Bloomberg Technoz/Andrean Kristianto)

Dia pun menolak mengklarifikasi mengenai spekulasi kriteria kendaraan yang bakal dilarang dan diperbolehkan menggunakan BBM bersubsidi. Dia hanya menggarisbawahi bahwa BBM bersubsidi akan didistribusikan kepada kelompok masyarakat yang berhak menerima.