Logo Bloomberg Technoz

Kilang Arun Berpotensi Dihidupkan Lagi demi Blok Migas Andaman

Dovana Hasiana
12 September 2024 15:00

Kilang Gas. (Sumber: Bloomberg)
Kilang Gas. (Sumber: Bloomberg)

Bloomberg Technoz, Jakarta Satuan Kerja Khusus Pelaksana Kegiatan Usaha Hulu Minyak dan Gas Bumi (SKK Migas) membuka peluang untuk mengaktifkan kembali kilang gas alam cair atau liquefied natural gas (LNG) Arun pada tahap dua pengembangan Blok Andaman.

Namun, Kepala SKK Migas Dwi Soetjipto mengatakan kilang LNG Arun tersebut perlu mengalami perbaikan karena sudah lama tidak aktif.

“Nanti tahap kedua perluasannya, memanfaatkan kilang Arun yang tentu saja akan perlu perbaikan banyak karena sudah lama tidak aktif dan sudah sebagian juga dibongkar. Jadi nanti arahnya produksi LNG akan memanfaatkan LNG Arun,” ujar Dwi saat ditemui di Jakarta, seperti dikutip Kamis (12/9/2024).

Dilansir melalui situs resmi PT Pertamina (Persero), Kilang LNG Arun berakhir beroperasi pada Oktober 2014 setelah 37 tahun seiring dengan menyusutnya pasokan dari ladang gas di sekitar Aceh. 

Derek beroperasi di dekat tangki penyimpanan gas alam cair (LNG) di Darwin, Australia./Bloomberg-Carla Gottgens

Sementara itu, pada tahap pertama, potensi gas Andaman dialokasikan untuk dialirkan melalui pipa. Namun, rencana tersebut masih dalam tahap diskusi.