Logo Bloomberg Technoz

China Siaga Topan Bebinca, Ancam Kilang Minyak & Pelabuhan

News
12 September 2024 13:30

Ilustrasi pelabuhan di China. (Sumber: Bloomberg)
Ilustrasi pelabuhan di China. (Sumber: Bloomberg)

Hallie Gu - Bloomberg News

Bloomberg, Topan Bebinca diperkirakan akan menghantam pantai timur China pada Senin (16/09/2024) dini hari. Topan ini kemungkinan membawa hujan lebat yang dapat mengganggu kilang minyak dan terminal impor LNG serta melumpuhkan transportasi.

Bebinca saat ini berada lebih dari seribu kilometer lepas pantai, terjadi tepat setelah Topan Yagi menelan korban jiwa dan menyebabkan kerusakan di wilayah tersebut, termasuk pulau Hainan dan Vietnam utara. Sementara itu, China dijadwalkan akan memulai hari libur pertengahan musim gugur selama tiga hari mulai Minggu (15/09/2024), dan cuaca buruk apa pun kemungkinan akan mengganggu perjalanan dan menekan konsumsi.

Menurut laporan terbaru dari Pusat Meteorologi Nasional, lintasan Bebinca yang diproyeksikan, yang disebut China sebagai Beibijia, mengarah ke daerah pesisir antara provinsi Zhejiang dan provinsi Fujian utara. Artinya badai tersebut kemungkinan akan menyebabkan penutupan pelabuhan Zhoushan dan kilang minyak di Ningbo karena membawa kecepatan angin hingga 162 kilometer per jam.

Topan ini diperkirakan akan mencapai daratan sebagai badai Kategori 2 pada skala Saffir-Simpson lima langkah. Intensitas badai tersebut terlihat melemah dengan cepat setelah mendarat, kata biro cuaca China.