Logo Bloomberg Technoz

Ini termasuk proposal dari konglomerat Tata Group untuk membangun pabrik cip utama pertama di negara ini dan fasilitas perakitan dengan nilai investasi US$2,75 miliar milik perusahaan produsen memori AS, Micron Technology Inc di Gujarat.

Tower Semiconductor Ltd asalIsrael berusaha untuk bermitra dengan miliarder Gautam Adani untuk membangun pabrik fabrikasi US$10 miliar dolar AS di India bagian barat.

Narendra Modi, Perdana Menteri (PM) India. (Bloomberg)

“Ini adalah waktu yang tepat untuk berada di India. Di India abad ke-21, cip tidak akan pernah surut,” kata Modi.

Foxconn Vendor iPhone & STMicro Bangun Pabrik Cip di India

Semikonduktor telah berkembang menjadi sumber daya yang sangat penting, terutama ketika jurang geopolitik antara Beijing dan Washington terus melebar.

Hal yang berdampak bahwa para importir berusaha mengurangi ketergantungan mereka pada produsen luar negeri di berbagai lokasi seperti China dan Taiwan.

Beberapa negara termasuk AS, Jerman, Jepang, dan Singapura berinvestasi secara agresif untuk meningkatkan pembuatan cip dalam negeri, memastikan pasokan komponen yang dibutuhkan untuk teknologi dari AI hingga mobil listrik.

Pada acara yang sama, para eksekutif industri cip dari India dan luar negeri menguraikan rencana pertumbuhan mereka di negara tersebut.

Micron Segera Investasi Pabrik Cip Triliunan di India

Chief Executive Officer NXP Semiconductors NV, Kurt Sievers, mengatakan bahwa perusahaan cip asal Belanda ini akan menginvestasikan lebih dari US$1 miliar di India dalam beberapa tahun ke depan untuk memperluas upaya penelitian dan pengembangannya di wilayah tersebut.

(bbn)

No more pages