Logo Bloomberg Technoz

Dengan demikian, permintaan migas dan batu bara masih akan meningkat sampai 2035. Bauran EBT nantinya baru mulai masif digunakan setelah periode tersebut, bahkan ditargetkan meningkat hingga 70% pada 2060.

Sekadar catatan, Kementerian ESDM masih membutuhkan komitmen investasi untuk dapat memenuhi target bauran energi dari EBT sebesar 23%. Hingga semester I-2024, realisasi bauran energi dari EBT mencapai 13,93%, hingga akhir tahun ini ditargetkan 19,5% listrik dari EBT.

Di tingkat global, para trader komoditas terkemuka dunia tengah berjuang menghadapi kondisi yang lebih sulit untuk memperdagangkan minyak karena peristiwa pasar seismik beberapa tahun terakhir mulai kehilangan momentumnya.

Perlambatan ini dirasakan di mana-mana, mulai dari perusahaan seperti Glencore Plc dan Gunvor Group — yang labanya turun — hingga bos dana lindung nilai Pierre Andurand, yang meninggalkan perdagangan minyak untuk bertaruh pada tembaga dan kakao.

Meskipun para raksasa komoditas global masih untung, kinerja mereka tidak lagi menorehkan capaian yang luar biasa sejak 2020.

Sejauh ini pada 2024, perubahan harga jauh lebih tenang dibandingkan dengan tahun-tahun sebelumnya, bahkan saat harga minyak mentah anjlok hingga US$70.

Volatilitas harga minyak./dok. Bloomberg

Harga minyak mentah berjangka Brent — untuk saat ini — menuju kisaran harga tahunan terkecil sejak 2004, sementara tolok ukur volatilitas pasar menyentuh titik terendah dalam hampir satu dekade awal tahun ini.

Perlambatan ekonomi China, pergeseran struktural dalam bauran energi global, dan prospek pasokan minyak mentah tambahan semuanya membebani kilang dan produsen minyak. Margin pemrosesan telah jatuh.

Para pedagang minyak makin muram karena turbulensi pandemi dan bulan-bulan setelah invasi Rusia ke Ukraina — peristiwa yang terjadi sekali dalam satu generasi — telah digantikan oleh volatilitas rendah.

Ribuan eksekutif minyak, dana lindung nilai, dan investor yang berkumpul untuk Konferensi Perminyakan Asia Pasifik (APPEC) akan menghadapi kenyataan suram yang telah memaksa analis Wall Street untuk merevisi perkiraan harga dan permintaan minyak dunia.

(dov/wdh)

No more pages