Logo Bloomberg Technoz

Susu Ikan, Bahan Baku hingga Rencana Pabrik Pengolahan di RI

Redaksi
12 September 2024 10:00

Susu sapi./Bloomberg-Andrey Rudakov
Susu sapi./Bloomberg-Andrey Rudakov

Bloomberg Technoz, Jakarta - Susu ikan disebut-sebut menjadi alternatif pengganti susu sapi dalam menu makanan bergizi yang jadi andalan program Prabowo-Gibran. Bahan baku susu ikan turut menjadi pertanyaan sebagian publik, terlebih soal kandungan gizi untuk dipadankan menjadi pengganti susu sapi.

Seperti diketahui, bahan baku susu ikan diambil dari ikan yang diklaim melalui pemrosesan dengan teknologi modern. Setelah diproses, ikan disebut menghasilkan hidrolisat protein ikan (HPI) yang digunakan sebagai bahan baku susu ikan.

Menteri Koperasi dan UKM Teten Masduki menyebut susu ikan diproduksi dari ekstrak atau hidrolisat protein ikan, yang diolah dari ikan-ikan murah yang tersedia melimpah di Indonesia.

"Kebutuhan susu sapi nasional mencapai 80 persen. Di sisi lain, produksi susu sapi di Indonesia tidak bisa memenuhinya," ujar Teten di Komplek DPR, kemarin.

Teten mengatakan, selain bisa diproduksi banyak, susu ikan juga mempunyai gizi yang sama seperti susu sapi. Terlebih, saat ini tidak ada kasus alergi susu ikan.