Logo Bloomberg Technoz

Inflasi IHP Jepang Agustus Melambat Akibat Penurunan Biaya Energi

News
12 September 2024 09:00

Ilustrasi Ekonomi Jepang. (Dok: Bloomberg)
Ilustrasi Ekonomi Jepang. (Dok: Bloomberg)

Yoshiaki Nohara - Bloomberg News

Bloomberg, Inflasi yang diukur berdasarkan indeks harga produsen (IHP) Jepang melambat untuk pertama kalinya dalam delapan bulan, karena biaya barang-barang terkait energi turun.

Menurut laporan bank sentral Jepang atau Bank of Japan (BOJ) pada Kamis (12/09/2024), ukuran harga input untuk perusahaan Jepang naik 2,5% dari setahun sebelumnya pada Agustus. Hasilnya meleset dari ekspektasi ekonom sebesar 2,8%. Dari bulan sebelumnya, harga turun sebesar 0,2%, penurunan pertama dalam 10 bulan.

Laporan tersebut menunjukkan kenaikan 2,6% dalam biaya yang didenominasi yen untuk bahan impor dan ekspor, melambat tajam dari data pada Juli. Yen telah menguat terhadap dolar bulan lalu, mengurangi tekanan biaya untuk bisnis dalam yen. Biaya input untuk minyak dan batu bara turun 4% dari setahun sebelumnya.

Perlambatan inflasi IHP terjadi ketika ekonom sebagian besar mengharapkan BOJ untuk mempertahankan suku bunga kebijakannya tidak berubah minggu depan. Menurut sumber, pejabat bank sentral melihat sedikit kebutuhan untuk menaikkan suku bunga karena mereka masih memantau volatilitas yang masih ada di pasar keuangan dan dampak dari kenaikan Juli.

Grafik inflasi IHP Jepang pada Agustus. (Sumber: Bloomberg)