Logo Bloomberg Technoz

Adaro Lepas Bisnis Batu Bara Termal Rp37 T

Sultan Ibnu Affan
12 September 2024 08:25

Dok. Adaro mineral
Dok. Adaro mineral

Bloomberg Technoz, Jakarta - PT Adaro Energy Indonesia Tbk (ADRO) berencana melepas kepemilikan sahamnya di PT Adaro Andalan Indonesia atau AAI (dahulu bernama PT Alam Tri Abadi) senilai US$2,45 miliar atau setara Rp37,8 triliun.

Rencana tersebut dilakukan seiring dengan tujuan Adaro (ADRO) untuk melakukan ekspansi dan diversifikasi bisnis pada pilar pertambangan non batu bara dan ekonomi hijau.

"Ini akan menciptakan portofolio bisnis yang lebih seimbang dan perlindungan yang lebih baik bagi perseroan di seluruh fase siklus bisnis serta menjadi kontributor penting terhadap penciptaan nilai jangka panjang," tulis manajemen dalam keterbukaan informasinya.

Manajemen mengatakan, hal tersebut juga sebagai komitmen perusahaan dalam mendukung pemerintah  untuk menurunkan emisi gas rumah kaca, termasuk upaya untuk mencapai nol emisi karbon pada 2060 atau lebih awal dengan berbagai upaya.

Terlebih, emiten konglomerat Garibaldi 'Boy' Thohir tersebut juga telah berkomitmen untuk memiliki sekitar 50% total pendapatan dari bisnis non-batu bara termal pada 2030, yang akan dicapai dengan mengembangkan bisnis di bidang yang mendukung ekosistem hijau Indonesia.