Logo Bloomberg Technoz

Dengan dana lebih dari US$55 miliar yang dikelola Sequoia, perusahaan hanya mengeluarkan dana yang relatif sedikit untuk upaya-upaya semacam itu, terang Grady.

“Kami memiliki lebih banyak uang yang diinvestasikan di aplikasi, meskipun pendapatan yang dihasilkan di aplikasi jauh lebih sedikit,” ujarnya, mengacu pada perusahaan AI yang membangun produk menggunakan model dengan cara baru.

Namun dalam AI, “menurut kami, aplikasi adalah tempat di mana jumlah perusahaan bernilai miliaran dolar AS akan datang.”

Grady tidak memberikan rincian investasi untuk apa yang telah dibelanjakan Sequoia untuk perusahaan-perusahaan AI lainnya.

Startup aplikasi AI yang baik merancang produk mereka dengan hati-hati di atas model, katanya.

ChatGPT dari OpenAI. (Bloomberg)

Grady mengutip sebuah perusahaan portofolio yang telah membangun perangkat software customer relationship management (CRM) berbasis AI yang mengesankan, Day.ai.

“Ada banyak kerja produk yang diperlukan untuk menemukan cara paling tepat untuk mengemas hal ini,” katanya.

Salah satu faktor yang memengaruhi pengeluaran besar di bidang AI secara keseluruhan adalah apa yang ia sebut sebagai “Efek wow berbasis sains”, di mana investor mengatakan pada diri mereka sendiri bahwa sebuah startup pasti akan berhasil karena “hal ini sangat keren. Orang-orang ini sangat pintar.” Sequoia mencoba untuk menghindari asumsi tersebut, katanya. 

Ia membicarakan tentang peluncuran model Strawberry OpenAI yang akan datang, dengan mengatakan bahwa model tersebut “sangat bagus.” 

Grady telah berinvestasi di perusahaan-perusahaan AI seperti Harvey, sebuah layanan hukum, dan Notion Labs Inc, sebuah alat produktivitas. 

(bbn)

No more pages