Logo Bloomberg Technoz

Badai Francine Landa AS, Sebabkan Gangguan Produksi Minyak

News
12 September 2024 08:00

Badai Francince Melanda AS. (Sumber: Bloomberg)
Badai Francince Melanda AS. (Sumber: Bloomberg)

Lauren Rosenthal dan Brian K. Sullivan - Bloomberg News

Bloomberg, Badai Francine menghantam pesisir Louisiana, mencapai kekuatan Kategori 2 dengan kecepatan angin 160 kilometer per jam dan gelombang badai yang berbahaya.

Menurut Pusat Badai Nasional AS, badai tersebut menerjang Terrebonne Parish, sekitar pukul 6 sore waktu Timur pada Rabu (11/09/2024). Francine menghantam daerah pesisir berawa yang jarang penduduk sekitar 136 kilometer sebelah barat New Orleans. New Orleans dan Baton Rouge waspada terhadap potensi banjir bandang.

“Hujan lebat dan angin topan sedang menyebar ke daratan di seluruh Louisiana selatan,” kata peramal Pusat Badai Nasional, memperingatkan warga untuk tetap tinggal di dalam rumah dan menjauh dari jendela untuk menghindari puing-puing.

Dalam waktu satu jam setelah menerjang daratan, Francine turun kembali menjadi badai Kategori 1 dengan kecepatan angin maksimum 145 kilometer per jam. Badai tersebut diperkirakan akan terus melemah saat melewati daratan dan bisa diturunkan menjadi badai tropis paling cepat pada Jumat (13/09/2024) pagi, kata pusat badai tersebut.