Logo Bloomberg Technoz

ANZ Pertimbangkan Lagi Penjualan Saham di Panin Bank

News
12 September 2024 07:10

ANZ. (Sumber: Bloomberg)
ANZ. (Sumber: Bloomberg)

Elffie Chew dan Manuel Baigorri - Bloomberg News

Bloomberg, ANZ Group Holdings Ltd sedang mempertimbangkan untuk menghidupkan kembali penjualan sahamnya di PT Bank Pan Indonesia, karena bank Australia tersebut berusaha merampingkan operasinya.

Menurut sumber yang tak ingin diketahui identitasnya, ANZ telah bekerja sama dengan penasihat keuangan untuk membantu mencari tahu apakah ada pihak-pihak yang tertarik untuk membeli saham ANZ di Panin Bank. ANZ memiliki 38,8% saham di bank tersebut. Calon pembeli potensial termasuk bank-bank Jepang dan Asia Tenggara, termasuk dari Malaysia.

Pertimbangan sedang berlangsung dan mungkin tidak mengarah pada penjualan, kata orang-orang tersebut, mengatakan bahwa valuasi adalah rintangan untuk kesepakatan potensial. Juru bicara ANZ menolak berkomentar.

ANZ membeli Panin Bank pada 1999, menaikkan sahamnya menjadi lebih dari 38% satu dekade kemudian. Bank ini 46% dikendalikan oleh keluarga Gunawan Indonesia, yang enggan memberikan kursi dewan direksi kepada investor sehingga menghambat negosiasi ANZ sebelumnya dengan para pelamar, menurut laporan Bloomberg News pada 2015.