Logo Bloomberg Technoz

“Ini bukan laporan IHK yang ingin dilihat pasar,” kata Seema Shah di Principal Asset Management. “Angka tersebut tentu bukan penghalang bagi tindakan kebijakan minggu depan, tetapi para petinggi di komite kemungkinan akan memanfaatkan laporan IHK hari ini sebagai bukti bahwa inflasi tahap terakhir perlu ditangani dengan hati-hati dan waspada.”

Indeks dolar jatuh pada Rabu. Harga minyak naik karena Badai Francine menerjang zona penghasil minyak utama di Teluk Meksiko AS, mendorong para trader untuk menutup taruhan bearish.

Anggota dewan kebijakan Bank of Japan Naoki Tamura akan berbicara pada Kamis (12/09/2024). Pada Rabu, anggota dewan lainnya Junko Nakagawa mengatakan bank sentral akan terus menyesuaikan kebijakan asalkan ekonomi berjalan sesuai dengan proyeksi dalam komentar yang membuat yen menguat.

Di tempat lain di Asia, data yang ditetapkan untuk dirilis termasuk indeks harga produsen (IHP) di Jepang dan Hong Kong, inflasi dan produksi industri di India, dan keputusan suku bunga di Pakistan.

Suku Bunga AS

Apakah ekonomi sedang memasuki soft landing yang hanya membutuhkan serangkaian penurunan suku bunga yang sederhana, atau menuju hard landing di beberapa titik tahun depan adalah teka-teki terbesar bagi para investor. Saat ini, swap The Fed sedang memperkirakan lebih dari 140 basis poin penurunan suku bunga hingga keputusan suku bunga 29 Januari, setara dengan sekitar dua gerakan setengah poin selama empat pertemuan berikutnya kecuali tidak ada acara intra-pertemuan.

“Data inflasi inti yang lebih kuat dari yang diperkirakan akan mempersulit Jerome Powell untuk memberikan pemotongan 50 basis poin pada September,” kata Krishna Guha di Evercore. “Kami terus berpikir bahwa pemotongan 50 basis poin yang lebih awal adalah langkah yang tepat. Tetapi peluangnya tidak mendukung hal ini, dan risiko terhadap pasar dan soft landing menjadi lebih tinggi sebagai akibatnya.”

Guha mencatat bahwa jika The Fed tidak memangkas suku bunga sebesar 50 basis poin minggu depan, kemungkinan mereka akan melakukannya pada November.

Dalam berita perusahaan, OpenAI sedang dalam pembicaraan untuk mengumpulkan US$6,5 miliar dari investor dengan valuasi US$150 miliar, menurut orang-orang yang mengetahui situasi tersebut. CEO Nvidia Corp Jensen Huang, mengatakan pasokan produk mereka yang terbatas telah membuat beberapa pelanggan frustrasi dan meningkatkan ketegangan.

Beberapa gerakan utama di pasar:

Saham

  • Kontrak berjangka Nikkei 225 naik 2,1% pada pukul 6:51 waktu Tokyo
  • Kontrak berjangka  Hang Seng naik 0,6%
  • Kontrak berjangka S&P/ASX 200 naik 0,6%

Mata uang

  • Bloomberg Dollar Spot Index turun 0,1%
  • Euro sedikit berubah pada $1,1013
  • Yen Jepang sedikit berubah pada 142,31 per dolar
  • Yuan offshore sedikit berubah pada 7,1274 per dolar

Kripto

  • Bitcoin turun 0,1% menjadi $57,411,14
  • Ether sedikit berubah pada $2,346,95

Komoditas

  • Emas spot sedikit berubah

(bbn)

No more pages