Logo Bloomberg Technoz

Mesir dan Qatar disebut memainkan peran penting dalam perundingan ini dengan membantu berkomunikasi dengan Hamas.

Langkah ini juga dilakukan ketika Presiden Mesir Abdel-Fattah El-Sisi menavigasi akibat dari krisis ekonomi yang memicu dana talangan internasional sebesar US$57 miliar yang dipimpin oleh Dana Moneter Internasional (IMF) dan Uni Emirat Arab (UEA). 

AS mulai mengirimkan bantuan ke Kairo setelah Perjanjian Camp David dengan Israel pada tahun 1978, dan mengandalkan Mesir untuk menjadi kekuatan penstabil di wilayah Timur Tengah dan Afrika Utara yang dikuasainya. Selain Gaza dan Israel di sebelah timur, Mesir juga menghadapi perang saudara di Sudan Selatan, yang telah memicu krisis kemanusiaan terbesar di dunia. 

Langkah untuk memberikan Mesir dengan jumlah penuh bertentangan dengan tuntutan dari sekelompok senator yang dipimpin oleh Chris Van Hollen dari Partai Demokrat dari Maryland.

Hollen meminta Menteri Luar Negeri Antony Blinken pekan lalu untuk menahan dana US$320 juta yang diberikan oleh Kongres yang tergantung pada kondisi hak asasi manusia, yang mereka katakan dalam sebuah surat yang “terus memburuk.”

Sekitar US$225 juta di antaranya bergantung pada isu-isu hak asasi manusia yang luas - yang dibebaskan oleh Blinken dengan alasan keamanan nasional - dan US$95 juta terkait dengan pembebasan tahanan politik dan proses hukum, sebuah kondisi yang ditentukan oleh Blinken yang telah dipenuhi oleh Kairo, menurut juru bicara tersebut. 

(bbn)

No more pages