Logo Bloomberg Technoz

OpenAI menolak berkomentar. Orang-orang yang mengetahui kesepakatan tersebut mengatakan bahwa diskusi masih berlangsung dan segala hal bisa saja berubah. 

Putaran penggalangan dana baru ini dijadwalkan akan dipimpin oleh Thrive Capital, Bloomberg sebelumnya melaporkan. Thrive menolak berkomentar tentang valuasi terbaru.

Microsoft Corp, investor terbesar perusahaan, juga akan berpartisipasi, dan Apple Inc dan Nvidia Corp, telah melakukan pembicaraan terkait investasi. 

CEO Microsoft Satya Nadella bersama Founder OpenAI Sam Altman. (Dok: Bloomberg)

OpenAI bukanlah startup teknologi besar pertama yang beralih ke bank-bank Wall Street untuk mendapatkan fasilitas kredit bergulir. Banyak perusahaan teknologi, termasuk Facebook–kini bernama Meta Platforms Inc—Alibaba Group Holding Ltd, Uber Technologies Inc dan DoorDash Inc telah memanfaatkan Wall Street.

Banyak tech startup mengambil fasilitas kredit sebelum melakukan penawaran saham perdana, yang sering kali dilakukan untuk memperkuat hubungan dengan pihak perbankan.

Secara historis, perusahaan cenderung memberi penghargaan kepada bank yang memberikan komitmen kredit besar dengan peran dalam IPO mereka. Sebagai imbalannya, pemberi pinjaman kerap menawarkan persyaratan yang lebih baik untuk pembiayaan.

OpenAI Klaim Punya 1 Juta Pengguna ChatGPT Berbayar

Didirikan pada tahun 2015, OpenAI telah menjadi pusat pergeseran cepat industri teknologi ke arah AI, memulai hiruk-pikuk investasi dengan debut chatbot yang mudah digunakan pada tahun 2022, ChatGPT.

Produk OpenAI, yang dapat menghasilkan gambar realistis dan teks yang terdengar seperti manusia hanya dengan beberapa kata perintah, telah menarik perhatian konsumen dan investor.

OpenAI kemudian berkembang secara signifikan sebagai sebuah perusahaan sejak didirikan. Akhir tahun lalu, OpenAI sempat memecat Chief Executive Officer-nya, Sam Altman. Saat ini, hanya segelintir dari tim pendiri yang tersisa, dan perusahaan telah mengambil langkah untuk merombak dewan direksi dan menambah jajaran eksekutifnya.

Dalam sebuah memo kepada karyawan bulan lalu, Chief Financial Officer OpenAI Sarah Friar mengatakan bahwa pembiayaan tersebut akan mendukung kebutuhan daya komputasi dan biaya operasional lainnya. 

Sarah juga mengatakan dalam memo tersebut bahwa startup ini bertujuan untuk mengizinkan karyawan menjual sebagian saham mereka dalam penawaran tender akhir tahun ini.

(bbn)

No more pages