Logo Bloomberg Technoz

Meskipun data hari Rabu tidak akan menghalangi The Fed untuk menurunkan suku bunga pekan depan, hal ini mengurangi kemungkinan penurunan yang besar. Meski begitu, pembuat kebijakan telah menegaskan bahwa mereka fokus pada pelemahan di pasar tenaga kerja, yang lebih mungkin mendorong diskusi dan keputusan kebijakan dalam beberapa bulan mendatang. Mereka juga akan memiliki lebih banyak data untuk dipertimbangkan menjelang pertemuan November dan Desember.

Para trader memangkas kemungkinan The Fed memangkas suku bunga sebesar setengah poin minggu depan menjadi hampir nol. Imbal hasil Treasury naik, kontrak berjangka S&P 500 turun tipis, dan dolar mengurangi kerugiannya pada hari itu.

Meskipun angka-angka tersebut dilaporkan berdasarkan satu poin desimal oleh BLS, para pejabat The Fed dan ekonom sering kali melihat lebih jauh untuk mendapatkan gambaran yang lebih baik tentang jalur inflasi. Berdasarkan basis dua desimal, IHK inti naik 0,28% dari Juli.

Rincian Kategori

Selain tempat tinggal, kenaikan tersebut didorong oleh tarif penerbangan, pakaian serta penitipan anak dan prasekolah. Biaya asuransi mobil terus meningkat, begitu juga dengan biaya menginap di hotel.

Harga tempat tinggal, kategori terbesar dalam layanan, naik 0,5%, yang tertinggi sejak awal tahun. Itu menandai bulan kedua percepatan dan menentang ekspektasi untuk penurunan. Sewa setara pemilik—sebagian dari tempat tinggal dan komponen individu terbesar dari IHK—naik dengan kecepatan yang sama.

Tidak termasuk perumahan dan energi, harga layanan naik 0,3%, yang tertinggi sejak April, menurut perhitungan Bloomberg. Meskipun bank sentral telah menekankan pentingnya melihat metrik semacam itu ketika menilai jalur inflasi negara, mereka menghitungnya berdasarkan indeks yang terpisah.

Ukuran tersebut—dikenal sebagai indeks harga pengeluaran konsumsi pribadi (PCE)—tidak memberikan bobot sebanyak IHK pada tempat tinggal, yang sebagian menjadi alasan mengapa trennya lebih dekat ke target inflasi The Fed sebesar 2%.

Ukuran PCE, yang akan dirilis akhir bulan ini, diambil dari IHK serta beberapa kategori dalam indeks harga produsen. Laporan indeks harga produsen (IHP), yang akan dirilis pada Kamis, diproyeksikan menunjukkan laju inflasi grosir yang jinak.

(bbn)

No more pages