Logo Bloomberg Technoz

Empat tahun dalam siklus hidup masing-masing, dua konsol rumahan terpopuler ini mulai bergerak ke rantai nilai yang lebih tinggi. Analis terpecah pendapatnya mengenai apakah harga tersebut akan mendorong penjualan untuk Sony, yang mencoba memperluas bisnis hiburannya dengan konten orisinal berkualitas tinggi yang mencakup game, anime, dan film.

"Ini adalah tentang Sony yang menargetkan segmen pasar teratas, hanya menyasar pengguna PlayStation hardcore," kata analis industri Serkan Toto. 

"Ini bukan perangkat untuk pasar massal. Sepertinya seluruh dunia game bingung dengan strategi harga Sony."

Sedangkan yang lain melihat langkah tersebut sebagai upaya untuk mendongkrak margin keuntungan. Keputusan harga ini mengikuti serangkaian kenaikan harga di Jepang, yang oleh para ahli dianggap sebagai respons terhadap meningkatnya biaya komponen seperti chip.

Konsol baru kelas atas ini akan memungkinkan game PlayStation 5 dimainkan dengan resolusi lebih tinggi dan frame rate lebih cepat tanpa perlu mengubah mode, kata Mark Cerny, arsitek utama konsol tersebut, dalam sebuah presentasi video. 

Dia mengatakan bahwa PlayStation 5 Pro akan menawarkan rendering 45% lebih cepat daripada PlayStation 5 standar.

“Harga ini tampak sangat menantang, karena belum pernah ada konsol game yang model penerusnya jauh lebih mahal daripada model aslinya,” tulis analis Citi, Kota Ezawa.

“Kami menduga bahwa komponen yang bertanggung jawab atas peningkatan kinerja PS5 Pro tidak jauh lebih mahal daripada komponen di PS5 asli, sehingga kami berharap harga yang lebih tinggi dari PS5 Pro dapat meningkatkan margin kotor.”

PlayStation 5 dari Sony telah terjual lebih dari 59 juta unit sejak dirilis pada tahun 2020, tetapi sedikit tertinggal dibandingkan pendahulunya, PlayStation 4. Biaya yang meningkat mungkin membatasi audiensnya, sebagian karena hal ini mendekatkan konsol tersebut ke harga PC gaming lengkap, yang selalu menjadi pesaing terbesar konsol game mandiri.

Banyak pengulas mencatat harga perangkat baru yang lebih tinggi meskipun tidak memiliki drive disk, mencerminkan tren industri video game yang sedang berlangsung di mana pelanggan beralih dari media fisik ke layanan online. Drive disk akan tersedia untuk dibeli secara terpisah.

Dalam sebuah posting blog, perusahaan mengatakan bahwa konsol baru ini akan meningkatkan kinerja judul-judul lama dan bahwa "beberapa game akan mendapatkan pembaruan perangkat lunak gratis untuk memungkinkan para gamer memanfaatkan fitur PS5 Pro," termasuk Hogwarts Legacy, Final Fantasy VII Rebirth, dan Spider-Man 2.

"Sederhananya, ini adalah konsol paling kuat yang pernah kami buat," kata Cerny.

(bbn)

No more pages