Logo Bloomberg Technoz

Produsen elektronik global seperti pemasok Apple Inc dan Samsung Electronics Co yang berlokasi di provinsi yang dilanda banjir tampaknya telah terhindar dari kerusakan besar.

Pabrik-pabrik di kota pelabuhan Haiphong sebagian besar telah melanjutkan operasi normal meskipun terjadi banjir di beberapa gudang dan jalan, menurut Le Trung Kien, kepala Otoritas Zona Ekonomi Haiphong. "Kami menggunakan banyak mesin pompa untuk mengeluarkan air untuk menjaga pabrik dan fasilitas tetap kering," kata Kien melalui telepon dari Haiphong.

Pemerintah belum memberikan perkiraan kerusakan secara keseluruhan. Perhitungan kerugian awal dari provinsi Yen Bai, Phu Tho, Thai Binh, Ha Giang berjumlah sekitar US$95 juta (setara Rp1,4 triliun). Pemerintah provinsi Quang Ninh telah menghabiskan 180 miliar dong (setara Rp112 miliar)) untuk membantu membangun kembali rumah dan fasilitas.

Sungai Thao yang meluap di provinsi utara Yen Bai melampaui level tertinggi yang pernah tercatat yaitu 34,4 meter, menurut postingan di situs web pemerintah. Tingkat air yang memecahkan rekor di Sungai Cau di provinsi Bac Giang menyebabkan 9.000 orang terisolasi, menurut situs web berita VTC. Sungai Merah, yang mengalir melalui ibu kota negara Hanoi, mencapai level tertinggi dalam 16 tahun. Sungai ini berada pada tingkat siaga dua dan telah menyebabkan banjir di beberapa daerah Hanoi, menurut media lokal.

Menurut postingan di situs web pemerintah Vietnam, China, atas permintaan Vietnam, setuju untuk mengkoordinasikan pelepasan air dari bendungan hidro di hulu Sungai Merah untuk membantu manajemen banjir.

Banjir bandang pada Selasa di sebuah desa di provinsi utara Lao Cai yang berbatasan dengan China menewaskan 22 orang dan membuat 73 orang hilang, menurut situs web berita Tin Tuc.

Hingga Selasa, pemerintah mengatakan sekitar 149.000 hektar sawah Vietnam utara telah terendam banjir, dan 26.200 hektar tanaman lainnya rusak.

(bbn)

No more pages