Logo Bloomberg Technoz

Pendekatan Harris dalam debat menunjukkan seorang kandidat yang berusaha menemukan keseimbangan yang menarik bagi para pendukung minyak dan gas — termasuk pekerja yang terkait dengan industri di negara bagian penentu seperti Pennsylvania — serta pemilih muda yang peduli iklim, yang kehadirannya bisa menjadi penting pada hari pemungutan suara.

"Sebagai wakil presiden, selama empat tahun terakhir, kami telah menginvestasikan lebih dari satu triliun dolar dalam ekonomi energi bersih, sementara kami juga meningkatkan produksi gas domestik ke tingkat yang bersejarah," kata Harris, yang juga mencatat dampak cuaca ekstrem terhadap ketersediaan dan biaya asuransi rumah.

Keputusan untuk menyoroti produksi minyak dan gas, serta penegasan Harris pada Selasa (10/09/2024) bahwa dia tidak akan mendukung larangan fracking, merupakan perbedaan yang jelas dari kampanyenya pada 2019 untuk pencalonan presiden dari Partai Demokrat. Pada waktu itu, Harris berjanji menghentikan penjualan hak-hak bahan bakar fosil baru di tanah publik dan menghentikan kontrak minyak dan gas yang sudah ada sebagai bagian dari rencana iklim senilai US$10 triliun.

"Harris berjanji membuka lembaran baru dan merancang masa depan yang lebih baik," kata Allie Rosenbluth, manajer kampanye di Oil Change U.S., sebuah kelompok advokasi iklim, dalam sebuah pernyataan setelah debat. "Itu berarti mengambil tindakan tegas untuk mengakhiri bahan bakar fosil dan memastikan transisi yang adil menuju energi terbarukan."

Trump, yang telah bersumpah untuk mencabut dana iklim yang belum terpakai dan menargetkan proyek angin lepas pantai, tetap teguh bersikeras bahwa Harris akan bergerak untuk membatasi produksi minyak dan gas di darat jika dia memenangkan pemilu.

"Mereka akan kembali menghancurkan negara kita, dan minyak akan mati, bahan bakar fosil akan mati," kata Trump.

Kekuasaan presiden untuk secara sepihak membatasi fracking — bahkan di bawah kontrak minyak dan gas federal — terbatas, dan melarang praktik tersebut di lahan pribadi akan membutuhkan tindakan Kongres.

Trump juga menyerang Harris atas dukungannya terhadap energi terbarukan, dan mengklaim bahwa energi surya membutuhkan lahan yang sangat luas untuk efektif. "Mereka membutuhkan seluruh gurun untuk mendapatkan sedikit energi," katanya.

(bbn)

No more pages