Logo Bloomberg Technoz

Alasan BUMN Ganti Dirut Bulog: Mau Ada Perubahan Fungsi

Mis Fransiska Dewi
11 September 2024 14:40

Bongkar muat beras bulog impor dari Vietnam di Pelabuhan Tanjung Priok, Jakarta, Kamis (12/10/2023). (Bloomberg Technoz/Andrean Kristianto)
Bongkar muat beras bulog impor dari Vietnam di Pelabuhan Tanjung Priok, Jakarta, Kamis (12/10/2023). (Bloomberg Technoz/Andrean Kristianto)

Bloomberg Technoz, Jakarta – Kementerian Badan Usaha Milik Negara (BUMN) buka suara ihwal pergantian mendadak posisi Direktur Utama Perum Bulog (Persero) dari Bayu Krisnamurthi ke Wahyu Suparyono.

Wakil Menteri BUMN Kartika Wirjoatmodjo mengatakan keputusan tersebut diambil karena pemerintah berencana akan melakukan perubahan fungsi kelembagaan Bulog ke depannya.

“Kita karena memang ada perubahan fungsi ke depan [terhadap] Bulog, jadi perlu ada alignment dari sisi kelembagaan ke depan. Pak Wahyu ditugaskan untuk ke sana. Pak Wahyu pernah di Bulog juga sebelumnya,” ujarnya ditemui di kompleks parlemen, Rabu  (11/9/2024).

Tiko, sapaan Kartika, mengaku wacana perubahan kelembagaan Bulog juga baru dibahas pemerintah belum lama ini. Dengan demikian, keputusan pergantian dirut bukan hal yang sudah direncanakan sejak lama.

“Belum, belum, ini lagi digagas pola seperti apa kelembagaannya lagi digagas. Namun, Pak Wahyu memang orang lama Bulog yang sudah berpengalaman di Bulog,” tergasnya.

Wahyu Suparyono (Dok. asabri)