Logo Bloomberg Technoz

Upaya Akhiri Perang, Israel Tawarkan Bos Hamas Jalan Keluar Gaza

News
11 September 2024 11:40

Yahya Sinwar pemimpin poltik Hamas. (Sumber: Bloomberg)
Yahya Sinwar pemimpin poltik Hamas. (Sumber: Bloomberg)

Natalia Drozdiak dan Eric Martin - Bloomberg News

Bloomberg, Israel mengusulkan untuk memberikan pemimpin Hamas Yahya Sinwar jalan keluar yang aman dari Gaza dengan imbalan kelompok tersebut membebaskan para sandera yang mereka tahan dan menyerahkan kendali atas jalur tersebut, kata pejabat senior, bahkan ketika keraguan semakin besar mengenai kemampuan kedua belah pihak untuk mencapai kesepakatan gencatan senjata apa pun.

"Saya siap memberikan jalan keluar yang aman untuk Sinwar, keluarganya, siapa pun yang ingin bergabung dengannya," kata utusan penyanderaan Israel, Gal Hirsch, dalam wawancara pada Selasa (10/9/2024) di kantor berita Bloomberg News di Washington.

"Kami ingin para sandera kembali. Kami ingin demiliterisasi, deradikalisasi tentu saja--sebuah sistem baru yang akan mengelola Gaza."

Hirsch mengatakan bahwa ia telah mengajukan tawaran perjalanan yang aman ke meja perundingan satu setengah hari yang lalu dan menolak untuk menjelaskan respons yang diberikan sejauh ini. Ia menegaskan kembali bahwa Israel juga bersedia membebaskan para tahanan yang ditahannya sebagai bagian dari kesepakatan apa pun.