Logo Bloomberg Technoz

Jika operasi iPhone lama masih terbilang baik, tidak ada alasan untuk membeli perangkat baru. Saat kinerja baterai tidak lagi optimal, pilihan mengganti satu piranti penting ini masih bisa menjadi pilihan.

Akan tetapi kembali, saat kebutuhan meningkatkan performa smartphone dari Apple ini mendesak, maka membeli adalah keputusan tepat. Apalagi iPhone 16 menjanjikan perangkat dari Apple pertama yang mendukung Apple Intelligence, model AI perusahaan.

Tim Cook, CEO Apple saat memperkenalkan iPhone 16. (David Paul Morris/Bloomberg)

Apple sendiri mendorong model AI-nya secara lebih serius untuk menggoda pengguna membeli iPhone 16. Apple Intelligence yang telah mengalami banyak penundaan, akan hadir bertahap dan versi Beta akan muncul di smartphone bukan Oktober 2024. 

Fitur kecerdasan buatan diantaranya meringkas teks, menghasilkan tanggapan dalam email dan pesan lainnya, dan edit foto. Sementara fitur-fitur utama yang baru akan hadir pada tahun depan, dilaporkan Bloomberg News.

Apa Itu Apple Intelligence?

Apple Intelligence adalah inovasi kecerdasan buatan yang dirancang khusus untuk perangkat Apple, memperluas kapabilitas AI dengan integrasi lebih mendalam ke dalam sistem operasi terbaru seperti iOS 18, iPadOS 18, dan macOS Sequoia 15.1. Fitur ini memanfaatkan kecanggihan Apple silicon untuk menghadirkan pengalaman yang lebih cerdas dan personal bagi pengguna.

Pada bidang visual, Apple Intelligence dilengkapi dengan fitur Image Playground, yang memungkinkan pengguna membuat gambar berkualitas tinggi dalam hitungan detik. Pengguna dapat memilih antara tiga gaya visual, yaitu Animasi, Ilustrasi, atau Sketsa, yang dapat digunakan dalam aplikasi seperti Pesan. Ini tentu saja memudahkan pengguna untuk mengekspresikan kreativitas mereka tanpa memerlukan keterampilan desain yang mendalam.

Logo Apple di jaringan ritel perusahaan. (Bloomberg)

Beli iPhone 16, 16 Plus, 16 Pro, atau 16 Pro Max?

Empat lini produk iPhone 16 seluruhnya menghadirkan tombol kontrol kamera baru yang akan memanjakan pengguna serta penikmat fotografi dan videografi. Faktor pembeda adalah ukuran layar, iPhone 16 Pro kini menjadi 6,3 inch. iPhone 16 Pro Max layar membesar jadi 6,9 inch. Dua base model, iPhone 16 dan 16 Plus, tidak terdapat perbedaan ukuran dibandingkan rilisan tahun lalu, tetap 6,1 inch dan 6,7 inch.

Dengan pertimbangan ini base model jadi pilihan paling baik dibandingkan rilisan periode sebelumnya. Namun jika ingin mendapatkan pengalaman genggam eksklusif tentu pilihannya ada pada Pro dan Pro Max dengan material titanium.

Prosesor pada iPhone 16 Pro dan iPhone 16 Pro Max lebih mumpuni dengan Cip A18 Pro, juga konfigurasi GPU 6-core, selisih tipis dibandingkan dengan base model.

Pada fitur layar versi termahal iPhone 16 memiliki ProMotion technology dan Always-On display. Untuk kamera Pro dan Pro Max ditanamkan 48MP Ultra Wide dan Telephoto, serta 48MP lensa makro. Kualitas perekaman juga diklaim lebih baik karena menghadirkan Dolby Vision sampai dari 4K 20 fps.

Daya tahan baterai iPhone 16 Pro bisa 27 jam pemutaran video sedangkan iPhone 16 Pro Max mencapai 33 jam. Keduanya sudah support koneksi USB-3.

Menunda Membeli iPhone Baru

Secara historis awal September setiap tahun Apple selalu memperkenalkan iPhone baru mereka, dengan klaim tersedia di jaringan ritel satu pekan setelah acara perilisan.

Alih-alih reaktif langsung membeli perangkat ter-update, bagian sebagian orang lebih memilih menunggu atau bahkan meminang seri siklus terakhir karena Apple biasanya memberikan diskon untuk perangkat lama.

Keputusan lain adalah memanfaatkan layanan tukar tambah iPhone lama dengan yang baru. Saran yang banyak dipakai beberapa Apple fanboy lain adalah mengganti  minimal jika iPhone lama mnimal telah lebih dari dua tahun atau perilisan.

Tidak ada gambaran paling tepat waktu terbaik membeli iPhone dan seri apa yang balik baik. Seluruhnya kembali kepada pengguna.

(wep)

No more pages