Logo Bloomberg Technoz

"Penerbangan kalibrasi dilaksanakan untuk memastikan aspek keselamatan penerbangan telah sesuai peraturan perundangan yang berlaku serta bandar udara siap melayani. Dalam misi penerbangan kali ini, digunakan pesawat jenis King Air 350i yang dimiliki Balai Besar Kalibrasi Fasilitas Penerbangan," tutur Budi.

Sebulmnya, Menhub Budi Karya Sumadi mengatakan bahwa bandara IKN sudah beroperasi, tetapi khusus untuk pemerintahan, bukan untuk umum.

"[Bandara IKN] sudah beroperasi, tetapi belum untuk umum. Sementara ini [khusus] government," kata Budi saat ditemui di Kompleks Parlemen, Jakarta Pusat, Senin (9/9/2024).

Adapun, mengenai kemungkinan bandara dibuka khusus untuk VIP, Budi menegaskan bahwa saat ini Bandara IKN masih baru dibuka untuk kepentingan pemerintahan saja.

"Bukan itu [bukan untuk VIP], pokoknya untuk government sementara ini," tuturnya.

Sekadar informasi, proses pembangunan Bandara Nusantara sendiri masih terus berlangsung. Landas pacu yang tersedia sudah mencapai 2.200x30 meter.  Sementara itu, pembangunan terminal VVIP telah mencapai lebih dari 90%, sedangkan untuk terminal VIP telah rampung hampir 80%.

Fasilitas penunjang berupa tower ATC, gedung administrasi dan operasional serta Gedung PKP-PK juga terus dikebut pembangunannya.  Lalu untuk jalan akses utama bandara berdasarkan catatan Direktorat Jenderal Perhubungan Udara, telah hampir siap 100%.

(prc/wdh)

No more pages