Logo Bloomberg Technoz

Jokowi Akan Ngantor di IKN, Kemenhub Kalibrasi Bandara Nusantara

Pramesti Regita Cindy
11 September 2024 11:00

Konstruksi Bandara IKN./dok. Kemenhub
Konstruksi Bandara IKN./dok. Kemenhub

Bloomberg Technoz, Jakarta Kementerian Perhubungan (Kemenhub) melakukan proses kalibrasi Bandara Nusantara di Ibu Kota Nusantara (IKN), Kalimantan Timur sebelum siap dioperasikan, terlebih menyusul rencana Presiden Joko Widodo untuk berkantor di sana pekan ini.

Proses kalibrasi ini juga sekaligus sebagai tindak lanjut pelaksanaan verifikasi Bandara Nusantara yang dilakukan pada 8—9 September 2024, guna memastikan kesiapan operasional bandara dengan standar keselamatan penerbangan.

"Proses kalibrasi bandara dilakukan untuk memastikan keamanan dan keselamatan penerbangan, serta untuk memastikan pengoperasian peralatan pendukung transportasi udara berjalan dengan benar dan akurat. Setelah proses kalibrasi selesai,  bandara dapat digunakan untuk kunjungan kerja Presiden pekan ini," kata Menhub Budi Karya Sumadi dalam siaran pers Kementerian, Rabu (11/9/2024). 

Konstruksi Bandara IKN./dok. Kemenhub

Untuk diketahui, kalibrasi adalah tahap awal dari assesment suatu bandara, yang  dilanjutkan dengan sejumlah assessment lainnya terkait dengan keselamatan dan keamanan penerbangan. Kalibrasi juga dilaksanakan terhadap peralatan bantu pendaratan.

Lebih lanjut, tak hanya kalibrasi, disaat yang sama dilaksanakan pula penerbangan validasi prosedur terbang dengan Perfomance Base Navigation (PBN). Selanjutnya, Kemenhub akan melakukan sejumlah asessmen lainnya sebelum mengeluarkan rekomendasi untuk ditindaklanjuti pengelola bandara.