Logo Bloomberg Technoz

Wakil Presiden Harris belum merinci posisi kebijakannya terhadap kripto. Bulan lalu, seorang penasihat kampanyenya mengatakan bahwa Harris akan mendukung langkah-langkah untuk membantu mengembangkan industri ini.

Penasihat Harris juga mengisyaratkan minat yang berkelanjutan dalam menerapkan perlindungan.

Trump telah beralih ke sektor aset digital untuk mencari donasi dan suara di tengah persaingan ketat menuju Gedung Putih, bahkan bersumpah untuk menjadikan AS sebagai “ibu kota kripto di planet ini.”

Sikapnya Trump merupakan perubahan yang mengejutkan karena mantan presiden sebelumnya menjuluki sektor ini sebagai “penipuan”.

Proyek Kripto

Calon dari Partai Republik ini baru-baru ini mengeluarkan koleksi token nonfungible (NFT) keempatnya. NFT ini, yang mewakili kepemilikan aset seperti gambar yang menggambarkan Trump mengendarai sepeda motor atau sebagai petinju, telah menghasilkan jutaan dolar AS.

Trump dan putra-putranya, Eric dan Don Jr juga telah mempromosikan World Liberty Financial, sebuah inisiatif yang direncanakan di sektor keuangan terdesentralisasi kripto. 

Detail inisiatif ini masih belum diungkapkan, dan para peretas minggu lalu secara singkat membobol beberapa akun media sosial keluarga Trump untuk mengeluarkan postingan palsu tentang proyek tersebut.

Industri aset digital telah menjadi pemain yang berpengaruh dalam pemilihan presiden melalui donasi besar kepada komite aksi politik. Bisnis kripto mencari peraturan yang lebih ramah, melawan sikap kritis yang diadopsi oleh Komisi Sekuritas dan Bursa atau Securities & Exchange Commission (SEC)di bawah pimpinan Gary Gensler.

Bitcoin melonjak ke rekor US$73.798 pada bulan Maret, didorong oleh permintaan untuk dana khusus yang diperdagangkan di bursa AS (ETF Spot). Reli mendingin tetapi keuntungan tetap menumpulkan ingatan tentang pasar bearish yang dalam pada tahun 2022 dan serangkaian keruntuhan, termasuk matinya bursa FTX – salah satu penipuan keuangan terbesar dalam sejarah AS.

(bbn)

No more pages