Logo Bloomberg Technoz

Masa jabatan Gus Ipul berpotensi lebih panjang jika Presiden Terpilih 2024-2029 Prabowo Subianto kembali memilihnya masuk ke pemerintahan baru. Prabowo dan sejumlah elit Partai Gerindra pun beberapa kali mengungkap niat untuk kembali menunjuk beberapa menteri Jokowi ke pemerintahan mendatang.

Selain Gus Ipul, Jokowi juga melantik Inspektur Jenderal Eddy Hartono sebagai kepala BNPT. Mantan kepala Detasemen Khusus 88 Antiteror atau Densus 88 Polri ini akan menggantikan Komisaris Jenderal Rycko Amelza Dahniel yang sudah memasuki masa pensiun pada 14 Agustus lalu.

Terakhir, Jokowi juga menyaksikan pengucapan sumpah jabatan Deputi Gubernur Bank Indonesia 2022-2027, Aida Suwandi Budiman yang diangkat menjadi anggota Dewan Komisioner LPS.

Dua pejabat terakhir tak terikat pada masa jabatan Jokowi-Ma'ruf. Eddy berpotensi menjabat sebagai Kepala BNPT hingga pensiun pada usia 58 tahun, Mei 2025. Kecuali, Prabowo Subianto sebagai presiden menggunakan hak prerogatifnya untuk mengganti Eddy di tengah masa jabatannya.

Demikian pula dengan Aida yang berpotensi tetap berada di LPS hingga akhir masa jabatan periode tersebut pada 2025.

(red/frg)

No more pages