Logo Bloomberg Technoz

RI Siapkan Stok 10 Juta Barel Minyak, Sebaiknya Disimpan di Mana?

Dovana Hasiana
11 September 2024 09:10

Pipa minyak (Sumber: Bloomberg)
Pipa minyak (Sumber: Bloomberg)

Bloomberg Technoz, Jakarta - Kalangan ekonom di bidang energi mendorong pemerintah membangun fasilitas penyimpanan berupa tangki timbun minyak di wilayah Jawa dan sekitarnya untuk pengelolaan Cadangan Penyangga Energi (CPE) yang telah diamanatkan dalam Perpres No. 96/2024.

Direktur Eksekutif ReforMiner Institute Komaidi Notonegoro mengatakan tangki timbun tersebut harus dekat dengan mayoritas penduduk Indonesia yang terpusat di Jawa, sehingga CPE bisa langsung diakses pada saat terjadi situasi krisis dan darurat energi.

Kenapa di Jawa?Karena 70% aktivitas ekonomi dan penduduknya kan ada di sini, diambilnya tidak terlalu jauh [kalau darurat]. Kalau dibangun di Papua, ada lahannya, tetapi mahal ya karena transportasinya panjang,” ujar Komaidi saat ditemui di Jakarta Pusat, dikutip Rabu (11/9/2024).

Komaidi mengatakan pembangunan infrastruktur tersebut membutuhkan investasi yang cukup besar, bahkan berpotensi menggunakan Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara (APBN) multi years.

Namun, Komaidi mengatakan pemerintah sebaiknya memiliki fasilitas penyimpanan sendiri, alih-alih menggunakan fasilitas milik korporasi. Apalagi, kata Komaidi, selama ini pemerintah belum memiliki fasilitas penyimpanan sendiri.

Cadangan minyak Indonesia./dok. Bloomberg